Pemkab Rangkul Swasta Bangun Alun-alun Kabupaten Bekasi

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan.
Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  –  Kabupaten Bekasi menjadi salah satu wilayah kabupaten/kota di Jawa Barat yang hingga kini belum memiliki alun-alun sebagai simbol sebuah wilayah.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan.mengungkapkan telah berdiskusi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk membahas pembangunan alun-alun di Kabupaten Bekasi. Rencananya, alun-alun tersebut akan dibangun di area Grand Cikarang City, Kecamatan Cikarang Utara.

BACA: Ridwan Kamil Turun Tangan, Pembangunan Alun-alun di Kabupaten Bekasi Kembali Direncanakan

“Pak Gubernur memang sudah bertemu dengan pengelola GCC yang sedang mengembangkan properti perumahan. Hal itu disambut baik manajemen,” ucap Dani, Minggu (09/10).

Pengelola, sambung Dani, telah menyampaikan niatannya untuk membangun sebuah kawasan berkonsep Central Park di lahan seluas 20 hektar.

Rencananya, Alun-Alun Kabupaten Bekasi akan dibangun terlebih dahulu sehingga kawasan tersebut ramai dikunjungi oleh masyarakat.

“Kalau central park-nya sendiri mereka siapkan 20 hektar yang terdiri dari alun-alun dan pusat bisnis, sedangkan pasar beda lagi kawasannya. Mereka justru maunya alun-alunnya dulu yang dibangun agar ramai sehingga bisnisnya jalan. Karena konsepnya seperti distrik, ada alun-alun, pinggirnya pedagang, kemudian belakangnya perumahan,” ujarnya.

Dalam hal ini, Pemprov Jawa Barat akan mengajukan desain, yang dibuat oleh Ridwan Kamil, sebagai masukan untuk membuat Alun-Alun Kabupaten Bekasi.

“Kalau memang dibangun oleh mereka, kami sifatnya hanya memberi masukan, busa dijalankan atau tidak, atau mungkin disesuaikan dengan bisnisnya. Tapi kami harap mereka menerima konsep dari Pak Gubernur karena pasti sentuhan yang akan sama dengan 27 kabupaten/kota lain di Jawa Barat, meski setiap daerah punya kekhasannya masing-masing,” kata Dani.

Meski begitu, Dani menjelaskan pengelola wajib menyediakan area terbuka yang cukup luas untuk dijadikan plaza sehingga memenuhi kriteria untuk dijadikan Alun-Alun Kabupaten Bekasi.

“Harapan Pak Gubernur sebelum 2024 sudah jadi. Karena sebenarnya konsepnya sederhana saja, alun-alun itu yang penting ada lapangan atau plaza terbuka, itu yang utama. Juga ada tempat orang berkumpul dan fasilitas tambahannya lainnya, seperti area bermain anak atau mungkin olah raga,” tuturnya. (dim)

Pos terkait