Pemkab Bekasi Siapkan Vaksin Astrazeneca di Posko Pelayanan Mudik

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi akan menyediakan layanan vaksinasi di posko pelayanan mudik yang dibangun Polres Metro Bekasi yang tersebar di jalur mudik Kabupaten Bekasi.

Sebagaimana diketahui, Polres Metro Bekasi akan membuat 11 posko pengamanan dan dua posko pelayanan jelang mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah nanti. Layanan vaksinasi rencananya hanya tersedia di posko pelayanan mudik.

“Kami baru melakukan koordinasi tahap awal. Namun kemungkinan besar nantinya kami akan menyiapkan vaksin merek AstraZeneca di posko pelayanan,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Masrikoh, Selasa (12/04).

Selain itu, pihaknya juga masih belum bisa memastikan berapa jumlah vaksin dosis ketiga yang akan dipersiapkan di dua posko pelayanan tersebut. Hal itu dikarenakan Dinas Kesehatan akan menyesuaikan alokasi vaksin dengan jumlah stok ketersediaan yang disimpan di UPTD Farmasi Kabupaten Bekasi.

“Jumlah dosisinya, kami melihat persediaan vaksinya dan juga antusias masyarakat saja,” ujarnya.

Masrikoh berharap banyak masyarakat yang telah mempersiapkan diri melakukan vaksinasi dosis ketiga sebelum melakukan perjalanan mudik, sehingga pihaknya tak perlu menyediakan banyak vaksin di posko pelayanan.

“Karena sebelumnya sudah diimbau untuk booster dulu sebelum mudik. Mudah-mudahan masyarakat sudah semua di vaksin,” tutur Masrikoh.

Sementara itu, Kepala Bidang Fasilatas dan Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) Kabupaten Bekasi, Kulman menjelaskan pihaknya turut memberikan dukungan untuk menyediakan tenaga kesehatan di posko pelayanan mudik.

“Insha Allah ada tenaga kesehatan di beberapa posko titik yang ditentukan. Namun belum dirapatkan lagi. Nanti kami tunggu info dari kepolisaian dan lintas sektor lainnya untuk rapat posko mudik,” kata Kulman. (dim)

Pos terkait