ferdiman KPU jawa barat
ferdiman KPU jawa barat

Jumlah Pemilih di Pilkada Kabupaten Bekasi Akan Bertambah 46 Ribu Orang

BEITACIKARANG.COM, KEDUNGWARINGIN  – Memasuki H-8 Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bekasi, akan ada 46.651 warga yang akan dimasukan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Anggota KPU Jawa Barat, Ferdiman P. Bariguna mengatakan, dengan adanya penambahan DPT otomatis akan menambah jumlah surat suara. Pihaknya mengharapkan supaya penambahan surat suara tersebut dapat segera dipenuhi menyusul adanya penambahan DPT.

“Surat suara saya kira penambahannya ada 46 ribu sekian plus cadangan, saya kira bisa dilakukan dengan cepat dan mudah – mudahan besok sudah ada keputusan untuk kapan bisa distribusi langsung. Karena surat suara yang ada kan sudah siap, tinggal tambahannya saja,” kata Ferdiman saat ditemui di kantor KPU Kabupaten Bekasi, Selasa (07/02).

Penambahan tersebut diketahui berdasarkan hasil dari verifikasi 118 ribu data warga yang belum masuk dalam DPT beberapa waktu lalu.

BACA : KPU Kabupaten Bekasi Coret 118.287 Jiwa dari DPT Pilkada 2017

“Sisanya karena ada beberapa yang bukan penduduk Bekasi, kemudian juga ada banyak data ganda yang sudah terverifikasi kegandaannya, kemudian yang ketiga karena memang tidak diketahui, kalau tidak diketahui berarti mungkin entah dimana, mungkin sisa dari data lama,” jelasnya.

Menurut Ferdiman, DPT di Pilkada 2017 akan menjadi data pemilih akurat dalam beberapa tahun ke depan sambil menunggu proses e-KTP selesai di seluruh Jawa Barat. “Karena memang, e-KTP ini akan menjadi tulang punggung, karena memang dasar memilih ini cuma dua, e-KTP dan Surat Keterangan pengganti e-KTP,” ungkapnya.

Dirinya pun mengharapkan supaya partisipasi masyarakat dalam Pilkada Kabupaten Bekasi bisa lebih dari partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2012 yang diketahui hanya sebesar 52 persen. “Kita berharap partisipasi pemilih lebih besar dari Pilkada sebelumnya dari Pilkada 2015, Pileg dan Pilpres,” tutupnya.

Sementara itu Ketua Panwaslu Kabupaten Bekasi, Akbar Khadafi mengatakan adanya penambahan DPT di Pilkada Kabupaten Bekasi merupakan satu upaya yang dilakukan penyelenggara agar masyarakat tidak kehilangan hak pilihnya pada Plkada serentak 2017. (BC)