Jelang Akhir Verifikasi Faktual : Tingkat Dukungan Memenuhi Syarat Obama Capai 93%

tim ppk dan pps obon tabroni
tim ppk dan pps obon tabroni

BERITACIKARANG.COM, CIBITUNG – Pelaksanaan verifikasi faktual syarat dukungan calon independen telah memasuki hari ke-13. Artinya hanya tinggal satu hari tersisa, karena berdasarkan PKPU No. 4 tahun 2016, verifikasi faktual tingkat desa ini akan berakhir 06 September 2016.

Sukoco, Ketua Tim Pendamping Verifikasi Faktual pasangan calon independen Obon Tabroni – Bambang Sumaryono, mengatakan bahwa hingga hari ke-12 kemarin, data yang sudah diverifikasi mencapai 87% dari total yang diserahkan ke KPU. “Dari 87% yang sudah diverifikasi itu, 93% diantaranya sudah memenuhi syarat,” kata Sukoco, Senin (05/09).

Bacaan Lainnya

Ia pun optimis bahwa verifikasi faktual akan selesai tepat pada waktunya. “Kita optimis selesai besok. Ini kan tinggal beberapa desa saja. Mungkin hari ini bisa selesai sampai 95%,” tambahnya.

Melihat data Berita Acara yang masuk, Sukoco juga optimis pasangan Obon-Bambang akan lolos pada tahap pertama ini. “Kalau lihat data, kita yakin lolos di tahapan pertama ini. Kita 93% memenuhi syaratnya. Sudah hampir selesai juga kan verifikasinya. Jadi, dengan asumsi 90% memenuhi syarat saja kita sudah lolos,” tegas Sukoco.

Meski demikian, Sukoco mengatakan bahwa tim administrasi dibantu Tim 23 Obama tetap mempersiapkan data perbaikan untuk mengantisipasi segala kemungkinan. Saat ini, dari 100 ribu foto kopi yang rencananya akan diserahkan jika harus perbaikan, 40 ribu diantaranya dikatakan Sukoco sudah siap.

“Masa penyerahan perbaikan itu 29 September. Jadi kalau pun harus perbaikan, nanti kita serahkan 100 ribu lagi,” pungkasnya. (BC/*)

Pos terkait