Anggota Polres Metro Bekasi saat berbaur dengan para pelajar dalam kegiatan penanaman 7000 bibit pohon di DAS Citarum dalam rangkaian kegiatan World Clean Up Day 2018 di Kabupaten Bekasi, Minggu (16/09).
Anggota Polres Metro Bekasi saat berbaur dengan para pelajar dalam kegiatan penanaman 7000 bibit pohon di DAS Citarum dalam rangkaian kegiatan World Clean Up Day 2018 di Kabupaten Bekasi, Minggu (16/09).

Jaga Kelestarian Alam, Ribuan Bibit Pohon Ditanam di DAS Citarum dan Cibeet

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR – Guna menjaga kelestarian serta keseimbangan alam, ribuan bibit pohon ditanam di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum dan Cibeet.

Kegiatan penanaman pohon ini dilakukan sebagai rangkaian kegiatan World Clean Up Day 2018 di Kabupaten Bekasi dan dipusatkan di Desa Cipayung Kecamatan Cikarang Timur, Minggu (16/09) pagi.

BACA: World Clean Up Day 2018, Masyarakat Kabupaten Bekasi Pungut 1.329 Kg Sampah

“Hari ini kita lakukan penanaman 7 ribu pohon. Jenisnya macam-macam dari mulai tanaman produktif seperti lengkeng dan mangga serta ada tanaman-tanaman yang sifatnya menyuburkan dan meneduhkan seperti albasia dan lamtoro,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Jaoharul Alam.

Ia mengatakan di Desa Cipayung kurang lebih ada 500 bibit pohon yang ditanam. Sementara sisanya dibagikan untuk ditanam di 10 titik berbeda di desa lainnya di sepanjang DAS Citarum dan Cibeet.

“Pemeliharaan pasca tanam memang menjadi tantangan bagi kita. Tetapi insya allah ini kita tidak khawatir karena kader-kader penggiat lingkungan yang nantinya akan meperhatikan keberlanjutan bibit pohon yang sudah ditanam ini,” ungkapnya.

Selain mengajak seluruh masyarakat untuk ikut menjaga dan memelihara bibit pohon yang sudah ditanam, Jaoharul Alam juga menghimbau untuk tidak membuang sampah dan limbah ke sungai Citarum maupun anak sungai Citarum yakni Cibeet karena dapat menimbulkan pencemaran bahkan menimbulkan banjir.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kapolres Metro Bekasi, Kombespol Candra Sukma Kumara, Kapolsek Cikarang Timur Kompol Warija, Camat Cikarang Timur Ani Gustini, pelajar dan mahasiswa serta para kader penggiat lingkungan di Kabupaten Bekasi. (BC)

 

Baca Juga

Cetak Wirausaha Baru, Upaya Kabupaten Bekasi Pulihkan Ekonomi di Masa Pandemi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN – Pemerintahan Kabupaten Bekasi saat ini tengah fokus melakukan beragam program sebagai …

Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan, saat memimpin Rapat Koordinasi Forkopimda dengan Kepala Perangkat Daerah se-Kabupaten Bekasi, mengenai pembentukan Komite Kebijakan Covid-19.

Pemkab Bekasi Sinergikan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi berupaya untuk mensinergikan aspek kesehatan dan pemulihan ekonomi …