Jadi Bagian Proyek Strategis Daerah, DCKTR Kabupaten Bekasi Bakal Bangun 5 Puskesmas

Plt Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi, Beni Saputra
Plt Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi, Beni Saputra

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kabupaten Bekasi berencana akan membangun lima unit gedung puskesmas baru pada 2023 mendatang. Pembangunan puskesmas itu bagian dari proyek strategis daerah untuk 2023-2026.

Plt Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi, Beni Saputra mengatakan total anggaran yang direncanakan untuk membangun lima puskesmas baru mencapai Rp25 miliar. Alokasi anggarannya bersumber pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi 2023.

Bacaan Lainnya

“Kemudian dari 2024 sampai 2026 juga akan dibangun masing-masing satu puskesmas dengan pagu anggaran tiap puskesmas Rp10 miliar,” katanya

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainarti mengatakan, pembangunan rumah sakit dan puskesmas bagian dari bidang kesehatan yang masuk dalam proyek strategis daerah untuk 2023-2026.

Pasalnya, keberadaan fasilitas kesehatan yang ada saat ini belum menjangkau seluruh masyarakat secara maksimal. Dengan jumlah sekitar 3 juta jiwa penduduk, saat ini Kabupaten Bekasi baru memiliki 46 unit puskesmas.

“Jumlah puskesmas saat ini 46 unit. Idealnya satu puskesmas melayani 30 ribu warga,” ucap Sri Enny. (dim)

Pos terkait