Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat memberi kuliah umum kepemudaan di aula kampus Universitas Pelita Bangsa, Senin (14/10) | Foto: @SeputarAHY
Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat memberi kuliah umum kepemudaan di aula kampus Universitas Pelita Bangsa, Senin (14/10) | Foto: @SeputarAHY

Hadapi Revolusi Industri 4.0, AHY Bakar Semangat Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN – Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberi kuliah umum kepemudaan di aula Universitas Pelita Bangsa, Senin (14/10). Saat menyampaikan materi, AHY mencoba membakar semangat ribuan mahasiswa dan mengajak mereka untuk menyadari akan potensi bahaya yang muncul akibat revolusi industri 4.0.

Menurut AHY, pesatnya kemajuan revolusi industri yang mendunia menciptakan tantangan-tantangan baru yang harus dihadapi setiap individu dan bangsa ke depan. Oleh karenanya, AHY menekankan pentingnya sikap generasi muda menghadapi fenomena revolusi industri 4.0 ini.

“Ke depan, beberapa pekerjaan manusia berpotensi akan tergantikan dengan robot. Oleh karena itu, manusia tidak boleh kalah. Kalau tidak adaptif, ke depan kita berpotensi akan kehilangan pekerjaan kita,” ucap AHY.

Pernyataan AHY itu merujuk pada risiko munculnya fenomena kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence di era global saat ini.“Kalau kita jadi budaknya teknologi, berarti kodratnya sudah terbalik. Walaupun mereka bisa menggantikan masa depan manusia, tetapi manusia tidak boleh kehilangan jati dirinya,” kata dia.

AHY kemudian membeberkan lima hal esensial yang perlu dipedomani para generasi muda dalam mempertahankan jati diri mereka masing-masing dalam menghadapi tantangan-tantangan di masa mendatang. Adapun kelima hal tersebut adalah pentingnya generasi muda untuk menanamkan jiwa idealisme, kepimpinan, pembangunan karakter, peningkatan kapasitas intelektual, serta rasa kepedulian terhadap sesama.

Putra pertama SBY selaku Presiden RI ke 6 itu berharap ke depannya generasi muda dapat menjadi contoh dan agen perubahan demi mencapai Indonesia pada masa keemasannya di tahun 2045. “Lead by example, win the hearts and mind of others. Kita semua ke depan harus saling membangun sinergi dan kolaborasi, karena masa depan Indonesia ada di tangan kalian,” tutup AHY, disambut sorak dan tepuk tangan para hadirin.

Untuk diketahui, kuliah umum kepemudaan ini merupakan bagian rangkaian acara dari Seminar dan Silaturahmi Nasional Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia (Hipamindo) yang digelar sejak tanggal 11 Oktober 2019 lalu.

Turut hadir pada acara tersebut antara lain, Pendiri Yayasan Pelita Bangsa Koes indrati, Rektor UPB Hamzah Mardiputra, Wakil Rektor 1 UPB Supriyanto, dan Wakil Rektor 2 UPB Hatta Fahamsyah serta Ketua Hipamindo Budianto. Hadir pula sebagai pembicara Anggota DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi dan Ahmad Syaikhu serta Direktur Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis Institut Pertanian Bogor (IPB) Eva Anggraini.  (BC)

Baca Juga

AHY saat ngeriung sambil menerima curhatan ibu-ibu di sebuah rumah makan di Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Jum'at (16/03).

‘Ngeriung’ dengan Kaum Ibu di Cikarang, AHY: Kita Jangan Jadi Penonton di Negeri Sendiri

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Putra sulung mantan Presiden SBY  yang disebut-sebut sebagai calon kuat Wakil …