Dewan Gagas Pelatihan Tehnik Water Rescue

Evakuasi warga dengan batang pohon pisang saat banjir menerjang wilayah Kecamatan Babelan beberapa waktu lalu.
Evakuasi warga dengan batang pohon pisang saat banjir menerjang wilayah Kecamatan Babelan beberapa waktu lalu.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) VII Jawa Barat, Obon Tabroni menggagas pelatihan tehnik pertolongan yang dilakukan di air atau water rescue bagi masyarakat.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi potensi korban jiwa, khususnya saat bencana banjir terjadi. Apalagi, bencana banjir di Kabupaten Bekasi saat musim penghujan kini bukan lagi menjadi hal yang anomali.

Bacaan Lainnya

“Sehingga perlu ada peran serta dari masyarakat, mengingat terbatasnya jumlah personil SAR yang dimiliki pemerintah daerah agar upaya penyelamatan dapat direspon secara cepat,” tuturnya, Rabu (17/03).

Kendati demikian, keberadaan potensi SAR tersebut harus dilengkapi pengetahuan, kemampuan penanganan, keterampilan serta sarana pendukung yang memadai.

“Karena kalau hanya mengandalkan kemampuan pribadi serta alat keselamatan yang minim justru berbahaya. Bukan hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi orang lain,” kata dia.

Obon menambahkan pelatihan ini rencananya akan digelar dengan menggandeng personil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi.

“Kita akan menggandeng BPBD. Jadi masyarakat yang sudah mengikuti pelatihan ini setidaknya tahu cara-cara atau teknik penyelamatan bagi korban bencana, khususnya bencana banjir,” kata dia.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln mengapresiasi dan mendukung upaya tersebut.

“Kita support rencana itu, nanti kita siapkan perahunya dan tenaga pelatihnya. Kita memfasilitasi apa yang memang perlu kita dukung. Sebab, ketika bencana banjir menerjang kita memang kewalahan karena personil kita terbatas. Kita cuma punya 45 orang personil saja dan di waktu bersamaan banjir menerjang di ratusan titik, ya kita keteteran kan,” kata dia. (BC)

Pos terkait