Dana Hibah Pengamanan Pilkada di Kabupaten Bekasi Capai Rp10 Miliar

Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) pengamanan Pilkada Serentak 2024 antara Pemkab Bekasi dengan Kepolisian Resort Metro Bekasi, Kodim 0509/Kab Bekasi dan Korem 051/WKT di ruang rapat KH Raden Ma'mun Nawawi - Gedung Bupati, Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Senin (03/06).
Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) pengamanan Pilkada Serentak 2024 antara Pemkab Bekasi dengan Kepolisian Resort Metro Bekasi, Kodim 0509/Kab Bekasi dan Korem 051/WKT di ruang rapat KH Raden Ma'mun Nawawi - Gedung Bupati, Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Senin (03/06).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  –   Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Kabupaten Bekasi sudah berjalan, salah satu komponen penting dalam pelaksanaan Pilkada yaitu keamanan.

Untuk mendukung itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi pun telah menyerahkan dana hibah untuk pengamanan Pilkada 2024. Penyerahan diawali dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemkab Bekasi dengan Kepolisian Resort Metro Bekasi, Kodim 0509/Kab Bekasi dan Korem 051/WKT.

Bacaan Lainnya

BACA: KPU RI Apresiasi Pemkab Bekasi Cairkan 100 Persen Dana Hibah Pilkada

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan penandatangan NPHD pengamanan penyelanggaraan Pilkada Kabupaten Bekasi dengan sejumlah lembaga penegak hukum ini menjadi bagian dari kesiapan Pemkab Bekasi menyukseskan Pilkada Serentak yang akan diselenggarakan 27 November 2024 mendatang,

“Penandatanganan NPHD ini, tentu sesuai dengan amanat peraturan pemerintah yang berlaku agar pelaksanaan Pilkada tahun 2024, berlangsung sesuai dengan tahapan yang telah di tentukan,” kata Dani Ramdan, Senin (03/06).

Ditegaskannya, anggaran penyediaan dana hibah kegiatan pengamanan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 dibebankan pada APBD tahun 2024. Adapaun rinciannya Kepolisian Resort Metro Bekasi sebesar kurang lebih Rp6,4 miliar, Kodim 0509/Kab Bekasi sebesar Rp2,3 miliar dan Korem 051/WKT sebesar Rp1,2 miliar.

“Pilkada ini kan tidak setiap tahun, melainkan 5 tahun sekali sehingga pasti anggaran untuk pengamanan tidak tersedia. Oleh karena itu harus ada hibah dari pemerintah daerah dan ini termasuk paling cepat di Kabupaten Bekasi untuk realisasinya,” kata dia.

BACA: Pemilu Aman dan Kondusif, Pemkab Bekasi Terus Perkuat Konsolidasi dengan TNI-Polri

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Twedi Aditya Bennyahdi  mengatakan, agenda Pilkada 2024 merupakan atensi pihaknya. “Dana hibah ini akan kita gunakan untuk rangkaian pengamanan Pilkada sampai selesai tahapan, dari mulai pendaftaran hingga pelantikan” ujarnya.

Dengan anggaran tersebut, kata Twedi, Polres Metro Bekasi akan berupaya semaksimal mungkin melakukan pengamanan Pilkada 2024. Proses pengamanannya sendiri tidak akan jauh berbeda dengan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden – Wakil Presiden beberapa waktu lalu. “Setelah ada perintah dari Mabes Polri untuk melaksanakana Operasi Mantap Praja, maka tahapan pengamanan akan kita mulai,” ungkapnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0509/Kab Bekasi, Kol Inf. Danang W memastikan jajaran personilnya siap membantu tugas kepolisian untuk mengamankan setiap tahapan penyelengarran Pilkada dan berharap adanya dukungan masyarakat yang peduli terhadap kondusifitas Kabupaten Bekasi.

“Personel jajaran Kodim 0509 Kabupaten Bekasi sudah siap untuk di-BKO kan (diperbantukan) ke Polres dan Polsek-polsek. Tentunya Pilkada yang aman dan damai merupakan tujuan kita bersama,” kata dia. (DIM)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait