Cari Kerja via BBM, Enam Orang Ini Malah Tertipu Jutaan Rupiah

peniapuan pencari kerja via bbm
peniapuan pencari kerja via bbm

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN – Niat melamar kerja, Fajar Hardianto warga Kp. Bulu Poncol, Desa Setiamekar, Kecamatan Tambun Selatan dan kelima orang temannya, yakni Widiawati, Fajar, Riri, Alifah dan Daniel malah tertipu jutaan rupiah. Mereka pun melaporkan peristiwa yang dialaminya ke Polsek Tambun, Jum’at (21/04).

Kasie Humas Polsek Tambun, Iptu Tri Mulyono mengatakan peristiwa itu dialami oleh korban dan kelima orang temannya pada tanggal 25 Maret 2017 lalu di Desa Srimahi, Kecamatan Tambun Utara. “Jadi peristiwa bermula ketika para korban yang saat itu tengah mencari pekerjaan mendapat informasi lowongan kerja (loker) sebagai operator di sebuah perusahaan di Kabupaten Karawang,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Kemudian, korban mencoba menghubungi seorang pria yang bernama Widodo melalui aplikasi Blackberry Mesangger (BBM). Setelah diinvite, pria tersebut mengaku bekerja sebagai HRD di PT. Exedy Manufacturing dan membenarkan jika ditempatnya terdapat lowongan kerja.

“Korban dan kelima orang temannya lalu diminta untuk menyiapkan berkas. Namun korban memberanikan diri untuk menembak berkas sehingga pria tersebut meminta untuk ditransfer sejumlah uang, masing-masing senilai Rp. 2,5 juta ke rekening milik Eko Rohmat Widya. Saat itu, mereka dijanjikan akan bekerja sebagai karyawan kontrak selama 1 tahun dan setelah itu diangkat menjadi keryawan tetap,” kata Iptu Tri Mulyono.

Setelah korban dan kelima orang temannya mentransfer sejumlah uang, keesokan harinya mereka disuruh datang ke PT. Exedy Manufacturing yang beralamat di Jl. Permata Lima, Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang. Mereka diminta membawa bukti transfer untuk ditukarkan dengan baju seragam dan id card.

“Saat bertemu dengan satpam di perusaahan tersebut, diketahui bahwa pria yang bernama Widodo bukanlah HRD melainkan pernah menjadi supir. Saat ini, pria itu pun statusnya sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut,” ungkapnya.

Guna pengusutan lebih lajut, kepolisian mengamankan sejumlah barang bukti, yakni bukti transfer uang milik para korban senilai Rp. 2,5 juta ke rekening Bank Permata a.n Eko Rohmat Widya dengan no rekening 4121298975. “Sementara BBM milik pria yang mengaku bernama Widodo dengan pin D70BCB93 saat ini sudah tidak aktif,” tandasnya. (BC)

Pos terkait