BPBD Pastikan Banjir di Kabupaten Bekasi Telah Surut

Banjir yang merendam salah satu sekolah di Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi.
Banjir yang merendam salah satu sekolah di Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi memastikan banjir yang sempat merendam sebagian wilayahnya beberapa waktu lalu telah surut. Bahkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah-sekolah yang sebelumnya terdampak pun telah kembali normal.

“Kondisi saat ini untuk seluruh wilayah dipastikan telah surut,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Muchlis.

Bacaan Lainnya

Kepastian itu didapatkan berdasarkan laporan dari para Camat. “Hasil laporan dari rekan- rekan  camat di seluruh Kabupaten Bekasi, bahwa di wilayah mereka sudah tidak ada genangan air dan banjir lagi,” kata dia.

Namun demikian, Muchlis juga memastikan personilnya tetap bersiaga sebagai antisipasi apabila sungai meluap maupun hujan kembali melanda Kabupaten Bekasi.

“Kami sudah melaporkan kondisi ini kepada Pj Bupati Bekasi. Dan kamipun sangat berterimakasih dan mengapresiasi kepada seluruh tim komando tanggap darurat Kabupaten Bekasi, stakeholder lainnya yang sudah saling mendukung dan membantu, sehingga situasi banjir segera teratasi dengan baik,” ungkapnya.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Bekasi Rija Sudrajat mengatakan saat ini KBM di seluruh sekolah yang wilayahnya sempat terdampak banjir sudah berjalan normal.

“Saya sudah komunikasi dengan semua kepala sekolah, untuk sekarang belajar sudah aktif belajar normal semua,” kata dia.

Seperti diketahui, kurang lebih dua pekan terakhir Kabupaten Bekasi dilanda banjir. Bahkan, banjir pernah mencapai lebih dari 100 titik di hampir dua puluh kecamatan. Sedikitnya 60.000 warga terdampak dan banyak di antaranya terpaksa mengungsi lantaran genangan terus meninggi.

Atas kondisi tersebut, status tanggap darurat pun diaktifkan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bekasi nomor HK.02.02/Kep-227-BPBD/2023 tentang Status Tanggap Darurat Bencana Hidrometeorologi di Kabupaten Bekasi tahun 2023.

Berdasarkan SK tersebut, perangkat daerah diminta mengerahkan seluruh sumber daya manusia, peralatan dan logistik untuk membantu warga terdampak. Seluruh bantuan ini dikomandoi oleh BPBD Kabupaten Bekasi. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait