buruh demo tolak magang
buruh demo tolak magang

Besok, 20 Ribu Buruh Kabupaten Bekasi Gelar Aksi ‘May Day’ di Jakarta

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN – Sekitar 20 ribu buruh asal Kabupaten Bekasi akan melakukan aksi ‘May Day’ dengan mendatangi Istana Negara, Senin (01/05) besok. Aksi ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Buruh Se-Dunia tahun 2017.

Ketua Serikat Pekerja Aneka Industri (SPAI) Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Amir Mahfudz mengatakan para buruh akan berangkat dari sejumlah titik di Kabupaten Bekasi seperti Omah Buruh yang berada di Kawasan Industri EJIP, Saung Buruh yang berada di Kawasan Industri Jababeka, halaman Masjid Baitul Mustofa di depan PT. AHM di Kawasan Industri MM2100 dan dari Kawasan Industri Gobel.

“Ada sekitar 20 ribu buruh yang sudah terdata dan akan diberangkatkan ke Jakarta. Mereka terdiri dari anggota FSPMI,” kata Amir Mahfudz, Minggu (30/04) malam.

Adapun isu yang akan diangkat dalam aksi tersebut, kata Amir, adalah penghapusan out sourching dan tolak sistem kerja pemagangan, jaminan sosial di bidang kesehatan dan ketenagakerjaan serta tolak upah murah dengan mendesak pemerintah untuk mencabut PP No 78 tahun 2015.

Ia menjelaskan buruh akan diberangkatkan sekitar pukul 08.00 WIB, dengan menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor atau menyewa bus dan kendaraan kecil lainnya. “Nantinya mereka akan turun di Bundaran HI, lalu melakukan longmarch menuju Istana Negara,”ucapnya.

Dalam aksi itu, kata Amir, para buruh akan membawa spanduk, banner, dan pamflet yang berisi tuntutan dan aspirasi para buruh. (BC)

Baca Juga

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja saat meninjau lokasi banjir di Desa Karangsari, Kecamatan Cikarang Timur, Senin (08/02).

Bupati Klaim Kabupaten Bekasi Siap Hadapi Banjir

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  –  Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja menyatakan Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah siap …

12.234 Tenaga Kesehatan di Kabupaten Bekasi Prioritas Mendapat Vaksin

BERITACIKARANG.com,   Terdapat 12.234 tenaga kesehatan di Kabupaten Bekasi yang menjadi prioritas mendapat vaksin Covid-19. Meski …