Aliran Kali Jambe di Crossing Kalimalang Kini Bersih dari Tumpukan Sampah

Aliran sungai Kalijambe di titik crossing Kalimalang, Rabu (03/11).
Aliran sungai Kalijambe di titik crossing Kalimalang, Rabu (03/11).

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN  – Sampah yang menyumbat aliran Kali Jambe di titik crossing Kalimalang, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan sejak sebulan yang lalu, telah selesai diangkut.

Kepala UPTD Kebersihan Wilayah 2 Dinas Lingkungan Hidup (LH), Kabupaten Bekasi, Sumardi menjelaskan sampah yang tersumbat di aliran Kali Jambe titik Jatimulya, Tambun Selatan, sepanjang kurang lebih 300 meter.

Bacaan Lainnya

Proses pembersihan dilakukan selama 3 hari, tepatnya sejak Minggu 31 Oktober 2021 lalu. Sebanyak 40 petugas dikerahkan dalam proses pengakutan sampah yang dilakukan secara manual.

“Alat berat excavator enggak bisa masuk ke dalam karena curam. Selain itu, banyak bangunan liar di pinggir kali,” ucap Sumardi, Rabu (03/11).

Sedikit demi sedikit tim biawak mengangkut sampah dengan berat kurang lebih 11 ton dari bawah kali menuju ke atas.

“Ini panjang (hamparan) sampahnya 300 meter, langsung dibawa ke TPA Burangkeng dengan menggunakan 5 truk,” kata dia.

Sumardi menjelaskan bahwa sampah-sampah tersebut merupakan kiriman dari wilayah hulu. Permasalahan tersebut selalu terjadi dari tahun ke tahun di mana sampah-sampah selalu tersumbat di bawah jembatan Kali Jambe.

“Mayoritas adalah sampah kiriman dari hulu. Kemudian ada kayu-kayu yang tertahan di bawah jembatan sehingga sampah-sampahnya nyangkut,” tuturnya.

Sumardi mengimbau agar seluruh masyarakat tidak membuang sampah sembarangan sehingga menghindari penumpukan sampah di Kali Jambe yang terletak di kawasan hilir. (BC)

Pos terkait