Tol Jakarta Cikampek Tersendat Imbas Aksi Buruh

Kendaraan yang hendak keluar di KM 24 Tol Jakarta Cikampek melalui GT Cibitung tersendat imbas adanya aksi buruh sejak Kamis (23/11) pagi.
Kendaraan yang hendak keluar di KM 24 Tol Jakarta Cikampek melalui GT Cibitung tersendat imbas adanya aksi buruh sejak Kamis (23/11) pagi.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT  – Kemacetan parah terjadi di Tol Jakarta Cikampek, Rabu (23/11) siang.

Kendaraan yang hendak keluar di KM 24 Tol Jakarta Cikampek melalui Gerbang Tol Cibitung tersendat imbas adanya aksi buruh yang memblokade jalan di Kawasan Industri MM2100, Desa Gandamekar, Kecamatan Cikarang Barat sejak pagi tadi.

Bacaan Lainnya

BACA: Imbas Aksi Buruh, Jalanan di Kabupaten Bekasi Macet

Petugas kepolisian terus berusaha mengatur arus lalu lintas dan meminta agar massa tidak melakukan penutupan jalan.

“Tadi sempat tertutup jalan karena lokasi MM2100 menjadi titik kumpul awal massa untuk aksi unjuk rasa,” kata Kepala Seksi Humas Polres Metro Bekasi, AKP Hotma Sitompul.

Namun, kata Hotma, saat ini situasi sudah mulai dikendalikan dan massa mulai bergeser melakukan aksi unjuk rasa ke Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi di Cikarang Pusat.

“Kondisi berangsur-angsur mulai mencair, petugas kepolisian di lapangan terus mengatur atur lalu lintas dan mengawal massa yang hendak lakukan demo,” jelasnya.

Sebelumnya, kemacetan terjadi di sejumlah ruas jalan arteri Kabupaten Bekasi, Kamis (23/11) pagi.

Kemacetan disebabkan adanya aksi unjuk rasa sekelompok buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Bekasi Melawan.

Mereka rencananya akan bergerak ke Kantor Dinas Tenaga Kerja mengawal pembahasan UMK Tahun 2024 oleh Dewan Pengupahan Kabupaten (DPK) Bekasi.

Adapun tuntutan Aliansi Buruh Bekasi Melawan ini, yakni mendesak agar UMK Tahun 2024 Kabupaten Bekasi mengalami kenaikan sebesar 15% serta menolak penerapan PP No 51 Tahun 2023.

Dalam aksi ini, massa yang tergabung dalam Aliansi Buruh Bekasi Melawan berkumpul dari sejumlah titik. Seperti Kawasan Ejip Cikarang Selatan, Saung Buruh Jababeka, Kawasan Industri MM2100 serta Kawasan Industri Gobel Cibitung.

Dalam aksinya, mereka memakai roda dua dan mobil bak terbuka dengan sound sistem lengkap hingga memblokade jalan.

Imbasnya, lalu lintas di sejumlah titik di Kabupaten Bekasi mengalami kemacetan total. Pantauan BeritaCikarang.Com pada Kamis (23/11) pagi sekira pukul 08.15 WIB, selain di titik kumpul buruh, kemacetan juga terjadi di Jalan Inspeksi Kalimalang ruas Cibitung – Tegal Gede Cikarang hingga Jalan Raya Teuku Umar Cibitung.

Pihak kepolisian terus mengimbau massa aksi melakukan unjuk rasa sesuai aturan agar tidak mengganggu arus lalu lintas yang ada. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait