Tingkatkan Performa, Tim Renang Artistik Jabar Jalani Pelatda di Kabupaten Bekasi

Tingkatkan performa, tim renang artistik Jawa Barat (Jabar) yang dipersiapkan menghadapi PON) XXI/2024  fokus menjalani Pelatda di Kabupaten Bekasi.  
Tingkatkan performa, tim renang artistik Jawa Barat (Jabar) yang dipersiapkan menghadapi PON) XXI/2024  fokus menjalani Pelatda di Kabupaten Bekasi.  

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR – Tim renang artistik Jawa Barat (Jabar) yang dipersiapkan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024  fokus menjalani pemusatan latihan daerah (Pelatda) di GOR Aquatik Wibawamukti Kabupaten Bekasi.

Kabupaten Bekasi menjadi lokasi kedua dari tim renang artistik untuk menggelar Pelatda setelah sebelumnya, mereka menggelar pemusatan latihan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bacaan Lainnya

BACA: Dukung ‘Jabar Hattrick’ Juara, Kabupaten Bekasi Siapkan Venue 3 Cabor Pelatda PON XXI

Pelatih Tim Renang Artistik Jabar, Ragil Sugirestu mengatakan pelatda telah dilakukan sejak awal 2024 hingga jelang gelaran PON XXI. Latihan fisik, teknik hingga mental menjadi yang ditekankan pelatda yang digelar beberapa bulan ini.

“Terutama kami tekankan pada endurance di mana dalam sehari kami ful berlatih setiap hari, baik di air maupun di darat,” ucap dia, Jum’at (28/06).

Tim renang artistik Jabar ini diperkuat delapan atlet, empat di antaranya berasal dari Kabupaten Bekasi.

Kedelapan atlet tersebut yakni Maharani Sekar Langit, Juliana Megi Wong, Dinda Cahya Rembulan dan Sheva Stefani Kwan (Kabupaten Bekasi), Petra Septaria Puspa Melati (Kota Bekasi), Aliyyah Rahmani (Kota Bandung), Gregoria Sharleen Siauw (Kabupaten Bandung Barat) dan Elizabeth Sekar Samudera (Garut).

Bidik Emas di PON XXI

Ragil mengatakan tim renang artistik optimis dapat mendulang emas pada Pekan Olahraga Nasional XXI/2024.  Motivasi para atlet pun meningkat mengingat mereka tengah dalam misi balas dendam usai digagalkan pada PON XX/2020 yang digelar di Papua. Ketika itu tim renang artistik Jabar gagal meraih prestasi usai diterpa berbagai persoalan non teknis.

“Memang kami sedang dalam motivasi tinggi. Mengingat pada PON lalu seharusnya kami meraih apa yang kami telah perjuangkan. Kini kami terus mempersiapkan diri, baik dari segi fisik dan mental,” ungkapnya.

Diakui Ragil, target mendulang emas di PONXX/2024 bukan perkara mudah karena kekuatan dari kontingen lainnya turut meningkat. Kendati demikian, dirinya meyakini peluang meraih prestasi terbuka selama tim menjaga kekompakan.

“Yang sangat kami percaya itu kalau kami solid, kami akan kuat. Itu yang kami terus jaga dan tingkatkan,” ucap dia.

Datangkan Pelatih Rusia

Ragil menambahkan, optimisme tim pun makin meningkat lantaran pihaknya bakal mendatangkan pelatih asing asal Rusia, Anna Nasekina. Dalam dunia renang artistik, Anna Nasekina telah mendunia dan bahkan berhasil menjadi juara dunia lima kali.

Rencananya Anna akan mulai melatih pada Agustus hingga turut mendampingi para atlet pada PON XXI/2024 Sumut. “Tentu anak-anak sangat antusias dan kami optimis bisa meraih emas,” ucap dia.

Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Bekasi, Wanto mengaku optimis tim renang artistik bakal mendulang emas di PON. Menurut dia, para atlet memiliki keunggulan pada kekompakan dan persiapan yang matang.

“Kemudian dengan ditambah nantinya pelatih yang juga juara dunia, bisa mengangkat mental para atlet. Karena ini olah raga penilaian, mental itu memang yang harus kuat,” ucap dia. (DIM)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait