SD Negeri Siap Gelar PPDB Online

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Paud / SD Kecamatan Cikarang Barat siap untuk mensukseskan penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online, yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, untuk Tahun Ajaran (TA) 2016/2017.

Kepala UPTD, Cecep Jayadi mengatakan, pelaksanaan PPDB Online untuk SD di wilayah Kecamatan Cikarang Barat, sudah dilakukan sejak TA 2015/2016. Meskipun tidak ada perubahan jumlah SD yang menyelenggarakan PPDB, yakni hanya 1 sekolah, di SDN Telagamurni 03.

Bacaan Lainnya

“Jumlah peminat di SD Telagamurni 03 sangat banyak. Bukan hanya soal kualitas sekolah, tetapi biar merata untuk calon siswa yang mau masuk sekolah SD,” ujarnya, Senin (30/05).

Lanjut ia mengatakan, SD di wilayahnya dinilai perlu menerapkan PPDB secara online, karena jumlah peminatnya dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Apalagi, calon siswa dari di Kecamatan Cikarang Barat, tidak bersaing dengan calon siswa dari Desa perbatasan yang memilih sekolah di Kecamatan Cikarang Barat.

“Kalau PPDB online di SD itu, tidak sama dengan PPDB online di SMP. Sekolah yang jadi tujuan harus bersaing di lingkungan sekitar dan dari desa yang lain, atau desa perbatasan,” ucapnya.

“Contoh Desa Gandasari, (calon siswa) itu tidak kemungkinan yang dari wilayah Kecamatan Cibitung. Pelaksanaan PPDB untuk SD, lebih (prioritas) menghargai kewilayahan,” sambungnya.

Selain itu, masih kata dia, syarat pendaftaran PPDB SD sendiri harus menyerahkan fotocopy akte kelahiran yang telah dilegalisir oleh Desa / Kelurahan setempat. Selain itu, dirinya mengapresiasi panitia pelaksana disekolah yang cepat tanggap untuk memulai siap PPDB.

“Perlu diketahui juga, panitia (PPDB) ada kendala dengan SDM. Ya, alhamdulillah, yang seharusnya mempelajarinya 2 hari selesai, tapi 4 hari baru bisa menguasai (materi dan praktek) PPDB,” pungkasnya. (DB)

Pos terkait