Ratusan Pelajar di Kabupaten Bekasi dapat Pemeriksaan Mata Gratis

Pemeriksaan mata secara gratis bagi para siswa sekolah dasar di Yayasan Al-Barkah, Kampung Katimaha, Desa Karanganyar, Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi.
Pemeriksaan mata secara gratis bagi para siswa sekolah dasar di Yayasan Al-Barkah, Kampung Katimaha, Desa Karanganyar, Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi.

BERITACIKARANG.COM, KARANGBAHAGIA – Ratusan pelajar di Kabupaten Bekasi mendapat pemeriksaan mata secara gratis di Yayasan Al-Barkah, Kampung Katimaha, Desa Karanganyar, Kecamatan Karangbahagia. Jika hasil pemeriksaan mengindikasikan mengalami gangguan penglihatan, mereka akan diberi kacamata gratis.

BACA: Dani Ramdan Ajak Perusahaan di Kabupaten Bekasi Publikasikan Penyaluran CSR dan Serap Tenaga Kerja Lokal

Bacaan Lainnya

“Jadi dalam pelaksaan kegiatan ini tidak hanya sosialisasi atau penyuluhan tentang penyakit mata saja tetapi juga dilakukan pemeriksaan mata. Jika ada salah satu anak atau siswa di sini mengalami kendala penglihatan dan membutuhkan kacamata akan diberikan secara gratis,” kata Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah pada (Bappeda) Kabupaten Bekasi, Leslie Kathleen Waruwu.

Leslie menjelaskan pemeriksaan ini merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) atau Corporate Social Responsibility (CSR) sebuah perusahaan di Kabupaten Bekasi yang bergerak di bidang industri lensa kacamata. Tujuannya adalah untuk memerangi gangguan penglihatan masyarakat, khususnya pelajar.

“Program bantuan pemeriksaan dan pelayanan kesehatan mata gratis ini merupakan tahun ketiga dilakukan pihak perusahaan. Kami tentunya mengapresiasi kegiatan ini karena sangat bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah dasar,” kata Leslie.

Menurutnya, untuk menciptakan generasi cerdas menuju Indonesia Emas tahun 2045 yang telah dicanangkan pemerintah pusat, kesehatan mata juga merupakan bagian agar tingkat belajar siswa-siswi di ruang kelas bisa lebih optimal. Sementara pendidikan tidak akan berkualitas apabila peserta didik mengalami gangguan dan kendala pada kesehatan matanya.

“Kalau misalnya mata sehat menerima apapun pelajaran pasti akan baik apabila hal ini bisa ditemukan sejak dini dan intervensi menggunakan kacamata, atau perlu tindakan medis lainnya itu bisa cepat diambil karena sekolah dasar usianya masih sangat muda,” kata dia.

Perwakilan perusahaan, Aily Chandra menjelaskan kegiatan ini diikuti sebanyak 600 siswa dari Yayasan Al-Barkah dan siswa SDN Karangsetia 04 yang dirangkai dengan berbagai pentas seni dan penyuluhan terkait kesehatan mata.

“Kami bergerak di bidang lensa kacamata, ikut berkontribusi terhadap Kabupaten Bekasi dengan membantu anak-anak sekolah dasar melakukan pemeriksaan mata mereka dan menyediakan kacamata gratis bagi yang membutuhkan dengan harapan bahwa anak-anak ini memiliki kesempatan yang sama untuk belajar,” ungkapnya.

Aily Chandra menjelaskan, pada tahun 2023 lalu pihak perusahaan menyalurakn CSR di Kecamatan Muaragembong dengan mengundang 22 Sekolah Dasar yang diikuti sebanyak 700 siswa, kemudian pada tahun 2024 ini melaksanakan kegiatan di Kecamatan Karangbahagia dengan peserta 600 siswa dari dua sekolah.

“Jadi keterbatasan para siswa dalam melihat itu menjadi kendala dalam belajar, untuk itu kami memberikan solusi dengan pemberian alat bantu berupa kacamata gratis, agar mereka bisa belajar dengan baik sehingga nantinya menjadi generasi penerus bangsa yang unggul,” kata dia. (RIZ)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait