Puluhan Bus Antar Kota Jalani Ramp Check di Terminal Cikarang

Petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat saat melakukan kegiatan inspeksi keselamatan (ramp check) armada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Cikarang, Selasa (19/04).
Petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat saat melakukan kegiatan inspeksi keselamatan (ramp check) armada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Cikarang, Selasa (19/04).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT  – Puluhan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Cikarang menjalani ramp check oleh petugas dari Dinas Perhubungan Jawa Barat.  Langkah ini diambil petugas untuk persiapan dalam menghadapi arus mudik Lebaran di Idul Fitri 1443 Hijriah ini.

Kepala UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan LLAJ Wilayah II Dishub Jawa Barat, Suryadireja mengatakan kegiatan tersebut dilakukan guna memastikan kelaikan sejumlah armada bus sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran.

Bacaan Lainnya

“Kami melakukan pemeriksaan untuk angkutan mudik lebaran. Jadi kami mempersiapkan sebaik mungkin armada yang beroperasi di terminal ini harus laik jalan,” ucap Suryadireja saat ditemui di lokasi, Selasa (19/04).

Kegiatan serupa, sambung Suryadireja, juga dilakukan pihaknya di wilayah lain. Oleh sebab itu, hanya sedikit saja bus yang dilakukan pemeriksaan pada hari ini di Terminal Cikarang.

“Beberapa kali sudah kami lakukan, seperti di PO Sinar jaya di Cibitung dan Agramas di Bogor dan PO lainnya di Jabar, dilakukan SOM sekaligus ramp check, sekarang di terminal,” ungkapnya.

Sementara itu, Agung Darusalam Staf Penguji Kendaraan Bermotor Dishub Kabupaten Bekasi mengatakan pemeriksaan yang dilakukan berkaitan dengan kelengkapan administrasi armada dan sopir bus beserta pengecekan fisik kendaraan.

“Formulir pengecekan biasanya kan dari pusat, nah yang kami periksa sesuai dengan SOP tersebut. Contohnya ada pemeriksaan identifikasi kendaraan, artinya kecocokan antara nomor rangka di fisik dan dokumen, kemudian ada juga pengecekan sistem penerangan, rem, kotak P3K, senter, dongkrak pembuka ban,” kata Agung.

Dari 10 armada, lima di antaranya masih harus melengkapi adminstrasi dan kebutuhan lainnya sebelum dinyatakan laik jalan. “Ada beberapa kategori untuk ramp check ini, pertama ada yang ditilang, kedua ada yang diizinkan operasional tapi harus dilengkapi. Untuk pemeriksaan tadi, rata-rata hampir memenuhi ketentuan. Kalau sekarang masih ada sedikit kekurangan kecil saja, seperti pembuka ban sama senter dan kotak P3K,” ucapnya.

Agung berharap para PO Bus melengkapi kekurangan tersebut sehingga nantinya tak mengalami hambatan saat hendak berangkat mengantar pemudik ke daerah tujuan. (dim)

Pos terkait