Pencarian Korban Tenggelam di Sungai Citarum Dilanjutkan Besok

BERITACIKARANG.COM, CABANGBUNGIN  – Operasi pencarian terhadap RJ (29) warga Kp. Batu Jaya RT 02/04 Desa Lenggah Jaya, Kecamatan Cabangbungin yang tenggelam saat mencari ikan di Sungai Citarum dihentikan sementara.

SAR Mission Coordinator, Hendra Sudirman menjelaskan di hari kedua pencarian, puluhan tim SAR gabungan secara maksimal telah melakukan upaya pencarian terhadap korban, namun korban belum juga ditemukan.

Bacaan Lainnya

“Area pencarian di sungai Citarum pun sudah disisir oleh tim SAR gabungan secara maksimal namun belum ada tanda-tanda dari korban,” kata Hendra, Kamis (18/03) sore.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, BPBD Kabupaten Bekasi, Petugas Kecamatan Cabang Bungin, Koramil Cabang Bungin, Polsek Cabang Bungin, Petugas Desa Lenggah Jaya, Baznas Tanggap Bencana Kabupaten Bekasi, KPA Ranting, IEA, Relawan Fire & Rescue, Rumah Zakat Cikarang, Owl Rescue, Retara, Trans 7 Rescue, DMC Dompet Dhuafa dan Masyarakat setempat akan melanjutkan proses pencarian esok hari.

“Operasi SAR akan kami lanjutkan besok, sementara untuk saat ini pencarian akan dilakukan melalui visual,” tuturnya.

Hendra menambahkan, upaya yang telah dilakukan tim SAR gabungan dari pagi hingga petang adalah dengan membagi untuk melakukan pencarian di tiga area. Search dan Rescue Unit (SRU) pertama  melakukan penyisiran menggunakan rubber boat dari lokasi kejadian hingga sejauh 3 KM.

Kemudian SRU kedua melakukan penyisiran secara visual melalui jalur darat dari lokasi kejadian hingga sejauh 2 KM dan SRU ketiga melakukan penyelaman apabila kondisi memungkinkan dengan radius 10 meter di sekitar lokasi kejadian.

Sebelumnya, korban dilaporkan tenggelam pada Kamis (17/03) siang sekitar pukul 14.30 WIB ketika sedang mencari ikan di bantaran Sungai Citarum. Korban kemudian terperosok ke dalam derasnya arus sungai dan dua orang rekannya sempat berusaha menolong korban tetapi tidak berhasil. Hingga saat ini korban masih masih dalam pencarian. (BC)

Pos terkait