Pemkab Bekasi Proyeksikan PDU Mekarmukti Jadi Percontohan TPS3R

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat mengunjungi lokasi Pusat Daur Ulang (PDU) Mekarmukti di Desa Mekarmukti, Cikarang Utara, Rabu (23/11).
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat mengunjungi lokasi Pusat Daur Ulang (PDU) Mekarmukti di Desa Mekarmukti, Cikarang Utara, Rabu (23/11).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengunjungi lokasi Pusat Daur Ulang (PDU) Mekarmukti di Desa Mekarmukti, Cikarang Utara, Rabu (23/11). PDU Mekarmukti diproyeksikan untuk menjadi percontohan TPS3R tingkat kecamatan.

Pada kesempatan itu, Dani  mengapresiasi keberadaan PDU Mekarmukti yang mampu mengolah sampah bernilai ekonomis sehingga mendatangkan manfaat bagi masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Di Mekarmukti ini sudah berjalan dan masih bisa ditingkatkan lagi. Ada beberapa area untuk pembuatan maggot, kemudian daur ulang, ini sudah jalan sehingga bisa ditingkatkan kedepannya,” kata Dani Ramdan.

Terlebih, meski lokasi tersebut menampung ratusan kilogram sampah plastik, namun tak sedikit pun mengeluarkan bau tak sedap. “Karena di sini kan sampah-sampah yang sudah dipilah, makanya enggak bau sama sekali. Ini contoh yang baik karena kalau dikelola baik, tidak akan mengeluarkan bau,” tuturnya.

Oleh sebab itu, ia menginginkan agar kedepannya PDU Mekarmukti bisa menjadi Bank Sampah Induk yang akan menampung sampah plastik di Kecamatan Cikarang Utara.

Pihaknya akan melakukan rangkaian studi agar PDU Mekarmukti dapat dijadikan proyek percontohan TPS3R di berbagai wilayah, seperti yang direncanakan oleh Pemkab Bekasi.

“Ini sebagai contoh bank sampah, jadi sebelum bank induk menampung sampah-sampah plastik, nantinya bisa ke sini dulu. Sedang kami rancang dulu karena di Mekarmukti ini bisa dijadikan untuk kelas kecamatan,” ucap Dani.

Sementara itu, Kepala PDU Mekarmukti, Zainudin menjelaskan dalam sehari, pihaknya mampu menangani 200 kilogram sampah plastik bernilai ekonomis dari 7 bank sampah di sekitar Cikarang Utara.

“Ini menjadi harapan kami semua agar sampah-sampah plastik bisa dimanfaatkan sehingga bisa menghasilkan uang dan bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Zainudin. (riz)

Pos terkait