Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja saat membuka kegiatan pembinaan kepada Imam dan Marbot masjid se-Kabupaten Bekasi di Gedung Wibawa Mukti - Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Senin (18/03) | Foto: Humas Pemkab Bekasi
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja saat membuka kegiatan pembinaan kepada Imam dan Marbot masjid se-Kabupaten Bekasi di Gedung Wibawa Mukti - Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Senin (18/03) | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Pembinaan Imam dan Marbot, Upaya Pemkab Bekasi Bangun SDM yang Beradab Lewat Masjid

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi terus berupaya untuk mewujudkan fungsi masjid sebagai tempat untuk meningkatkan peradaban umat. Salah satu wujud dari upaya tersebut, yakni melalui kegiatan pembinaan yang berikan kepada para Imam dan Marbot masjid.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi, Carwinda, mengatakan kegiatan pembinaan kepada para Imam dan Marbot masjid merupakan upaya yang dilakukan Pemkab Bekasi untuk memajukan umat Islam.

“Melalui pembinaan ini, diharapkan adanya peningkatan kuantitas dan kualitas yang layak bagi para Imam dan Marbot saat berkiprah dalam kegiatan-kegiatan keagamaan,” ungkapnya saat menghadiri kegiatan pembinaan kepada Imam dan Marbot masjid se-Kabupaten Bekasi di Gedung Wibawa Mukti – Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Senin (18/03).

Kegiatan pembinaan ini, sambungnya, dihadiri tiga orang narasumber, yakni perwakilan dari Kementrian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPPA), Iwan Setiawan, Ketua Dewan Keluarga Masjid (DKM) Purwakarta, Dedi Mulyadi serta perwakilan dari Kapolres Metro Bekasi yang diwakili oleh Kasat Binmas Kabupaten Bekasi, AKBP Muryono.

“Kegiatan ini, diikuti kurang lebih 2.000 peserta yang terdiri dari Imam dan Marbot masjid yang ada di 23 Kecamatan di Kabupaten Bekasi,” ungkapnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengatakan tugas Imam dan Marbot merupakan profesi yang istimewa. Oleh karenanya, sudah sepatutnya jika selama ini para Imam dan Marbot mendapatkan perhatian dari Pemerintah Daerah.

“Tidak semua orang bisa dan tidak semua orang mau (menjadi Imam dan Marbot-red). Saya sangat berterimakasih kepada Bapak Ibu sekalian telah melaksanakan tugas ini. Pemerintah Daerah telah memberikan perhatian, walaupun cuma ala kadarnya, baru cuma bisa sedikit. Tapi saya punya keinginan, kedepan kita akan tingkatkan PAD sehingga penghasilan Imam dan Marbot akan kita tingkatkan untuk tahun yang akan datang,” kata Eka.

Dalam kesempatan itu, Eka memberikan bantuan operasional secara simbolis kepada perwakilan Imam dan Marbot serta meminta doa kepada para peserta yang datang agar bisa memimpin Kabupaten Bekasi dengan amanah dan pembangunan di Kabupaten Bekasi lebih maju lagi.

Untuk diketahui, dalam upaya mensejahterakan Imam dan Marbot, Pemkab Bekasi memberikan bantuan operasional kepada Imam dan Marbot berupa uang sebesar Rp. 150.000/bulan untuk Marbot dan Rp.200.000/bulan untuk Imam. Pemberian bantuan operasional tersebut, langsung dikirim ke rekening Imam dan Marbot setiap bulannya. (BC)

Baca Juga

Ribuan warga atau orang tua peserta didik yang mengajukan permohonan legalisir KK oleh Disdukcapil sebagai salah satu persyaratan PPBD Online jalur zonasi di gedung Wibawa Mukti, Komplek Perakntoran Pemkab Bekasi.

Jelang PPDB Online, Disdukcapil Kabupaten Bekasi Layani Ribuan Permohonan Legalisir KK

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dusdukcapil) membuka …

Sejumlah pejabat Eselon II yang terkena rotasi jabatan di lingkungan Pemkab Bekasi, Rabu (19/06) lalu | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Bupati Bekasi Tunjuk Pelaksana Tugas Isi Lima Jabatan Ini

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pasca merotasi 22 pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Bekasi pada …