Kerajinan Lokal Kabupaten Bekasi Bakal Mejeng di Aeon Mall

Produk kerajinan lokal binaan Dekranasda Kabupaten Bekasi bakal mejeng di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Cikarang, yakni AEON Mall Deltamas
Produk kerajinan lokal binaan Dekranasda Kabupaten Bekasi bakal mejeng di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Cikarang, yakni AEON Mall Deltamas

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Produk kerajinan lokal asli Kabupaten Bekasi bakal mejeng di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Cikarang. Nantinya produk-produk  tersebut akan dijual di gerai sekaligus sekretariat Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bekasi di Aeon Mall Kota Deltamas.

BACA: Pemkab Bekasi Dorong Optimalisasi Pertumbuhan Industri Kreatif

Bacaan Lainnya

Hal tersebut ditandai dengan Penandatanganan Pinjam Pakai Bangunan dan Outlet untuk Dekranasda Kabupaten Bekasi, antara Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Bekasi, pihak Aeon Mall Deltamas, serta pihak Kota Deltamas dalam agenda Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekranasda Kabupaten Bekasi Tahun 2023, Rabu (22/11).

“Bersaing dengan produk-produk yang ada di Mall Aeon merupakan sebuah kehormatan bagi kami, karena pasti kurasi sangat ketat. Namun produk kerajinan lokal asli Kabupaten Bekasi tentunya  mampu sejajar dan bisa menampilkan yang terbaik,” kata Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan usai menyaksikan langsung Penandatanganan Pinjam Pakai Bangunan dan Outlet untuk Dekranasda Kabupaten Bekasi tersebut.

Dani meyakini komitmen pihak swasta terhadap terobosan maupun inovasi dalam mengembangkan kerajinan daerah sangat berperan penting. Pihak swasta yang bergerak dibidang retail, umumnya dapat memberikan ruang pemasaran, bangunan sekretariat, jaringan toko retail dan pemasaran. Kemudian bantuan teknis pelatihan, produksi maupun pembinaan pemasaran.

“Umumnya pihak swasta mampu memberikan ruang pemasaran, jaringan toko retail maupun pemasaran. Kemudian diluar itu juga ada bantuan teknis, sehingga ini mendongkrak peningkatan produk kerajinan lokal,” jelasnya.

Seperi halnya UMKM, Dani meyakini jika  industri kerajinan juga memiliki peran strategis, diantaranya akan banyak aktivitas lapangan usaha yang tersedia untuk masyarakat, bertambahnya lapangan kerja serta pelestarian hasil budaya bangsa atau jati diri.

“Selain melalui gerai, galeri maupun pameran-pameran, Pemerintah Kabupaten Bekasi juga memberikan kesempatan kepada para pelaku industri kerajinan ini untuk memperluas pasar lewat toko daring yang saat ini kita miliki yakni Bekasi Berani Beli  atau BEBELI,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Bekasi, Ria Sabaria mengatakan saat ini pihaknya tengah menyiapkan 3 gerai, yakni di Museum Gedung Juang 45 Tambun Selatan, area rumah contoh Deltamas, serta di Aeon Mall Kota Deltamas.

Dengan adanya gerai ini diharapkan, seluruh pegiat maupun pengrajin di Kabupaten Bekasi bisa lebih termotivasi, berkomitmen menciptakan inovasi dan kolaborasi, untuk membina dan memajukan kerajinan lokas khas Kabupaten Bekasi.

“Sudah ada 3 saat ini sedang disiapkan, semoga para pegiat dan pengrajin bisa lebih aktif berkontribusi memajukan kerajinan lokal asli Kabupaten Bekasi,” kata dia. (riz)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait