Jelang Arus Mudik 2022, Terminal Cikarang Bakal Lakukan Ramp Check

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Terminal Cikarang akan menggelar Ramp-Check atau pemeriksaan kelayakan Bus Antar kota Antar Provinsi (AKAP). Hal ini dilakukan agar menghindari terjadinya kecelakaan saat arus mudik nanti.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Sukri mengatakan kegiatan ramp check akan diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi turut berpartisipasi melakukan pengecekan dengan mengirim petugas.

Bacaan Lainnya

“Karena Terminal Cikarang merupakan terminal tipe B, maka kewenangan melakukan pemeriksaan dan kelaikan armada merupakan kewajiban Pemperov Jabar. Kami sudah terima suratnya dari Dinas Perhubungan Jawa Barat dan besok akan membantu mengirim personel,” ungkap Sukri, Senin (18/04).

Pelaksanaan ramp check dilakukan pada Selasa (19/04) esok pagi. Pihaknya diminta mengirimkan satu petugas dan satu penyidik untuk mengecek kelaikan armada bus AKAP.

“Besok ada satu penguji dan satu penyidik. Mungkin nanti ada juga yang dari provinsi. Kami hanya bantu-bantu besok,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid Angkutan Dishub Kabupaten Bekasi, Sugiarto mengatakan baru satu PO bus yakni Sinar Jaya yang telah melakukan ramp check melalui pihaknya.

Ia mengimbau kepada PO bus lainnya untuk melakukan pemeriksaan terhadap armadanya sebelum memberangkatkan penumpang.

“Kalau Sinar Jaya mayoritas sudah ramp check semua. Untuk PO bus lainnya kami imbau agar mengecek kelaikan kendaraannya terlebih dahulu untuk keselamatan penumpang,” kata Sugiarto. (dim)

Pos terkait