Warga dan aparatur Desa Sukamanah saat menutup jembatan di Jl. Raya Sasak Bali, Kamis (14/03).
Warga dan aparatur Desa Sukamanah saat menutup jembatan di Jl. Raya Sasak Bali, Kamis (14/03).

Jalan Rusak Akibat Proyek Perumahan, Warga Desa Sukamanah Tutup Jembatan Sasak Bali

BERITACIKARANG.COM, SUKATANI – Jembatan di Jl. Raya Sasak Bali di Desa Sukamanah, Kecamatan Sukatani ditutup oleh warga dan aparatur desa setempat, Kamis (14/03) pagi.

Ketua BPD Sukamnah, Mam’un mengatakan penutupan dilakukan menyusul rusaknya badan jalan jembatan tersebut. Kerusakan, diduga kuat karena jembatan kerap dilintasi truk bertonase besar untuk sejumlah proyek perumahan di wilayah itu seperti Perumahan Sukamanah Residence, Mutiara Residence, Green Sasak Bali, Peson Sasak Bali dan Green Sukamanah.

“Warga protes karena jalan dan badan jembatan rusak hingga akhirnya ditutup serta ditanami pohon pisang. Jalan itu kan bukan jalan yang dibangun pengembang untuk akses proyek perumahan, tetapi jalan desa. Selain itu, peruntukannya juga memang buat kendaraan kecil, bukan buat tronton,” kata Ma’mun.

Menurut Mam’un, sebelum jembatan tersebut ditutup dan ditanami pohon pisang, warga melalui aparatur desa setempat sudah beritikad baik dan meminta agar kelima pengembang memperbaiki kerusakan itu. “Sudah, warga melalui pihak desa sudah beberapa kali meminta perbaikan ke pengembang tetapi memang sampai saat ini belum ada respon,” ungkapnya.

Warga dan aparatur desa, sambungnya, berharap Pemerintah Kabupaten Bekasi, khususnya yang membidangi jalan dan jembatan dapat hadir ke tengah-tengah warga untuk membantu menyelesaikan persoalan ini.

“Kalau sekarang, pengembang yang masih ngurug dan mengangkut material tanah merah adalah pengembang dari perumahan Sukamanah Residence. Tetapi kalau kita hanya meminta pengembang tersebut yang memperbaiki mungkin berat, makanya kita juga minta pengembang lainnya ikut membantu,” kata dia. (BC)