bpn anti pungli
bpn anti pungli

BPN Kabupaten Bekasi Deklarasikan Perang Terhadap Pungli

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN – Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi menyatakan perang terhadap pungutan liar (Pungli) yang ditandai dengan pengucapan ikrar anti pungli. Kepala BPN Kabupaten Bekasi, Dirwan Dachri  akan menindak tegas anak buahnya yang terlibat pungli.

Pengucapan ikrar tersebut dilaksanakan di halaman kantor BPN Kabupaten Bekasi, Jl. Daha Blok B4/2 Komplek Lippo Cikarang, Jum’at (13/01) pagi.

BACA : Awas, Tim Saber Pungli di Kabupaten Bekasi Sudah dibentuk

Dalam kegiatan itu turut hadir Plt. Bupati Bekasi, Rohim Mintareja, Plt. Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Jejen Sayuti, serta Kabid Ops Saber Pungli Pusat, Brigjen Widiyanto Poesoko.

“Alhamdulilah Satgas Saber Pungli sudah berkerja Se-Indonesia, baik disetiap Provinisi juga sudah membentuk UPP, mudah-mudahan dalam waktu singkat kita bisa bersih dari pungli ini,” kata Brigjen Widiyanto Poesoko.

Ia mengatakan bahwa dalam pelaksanaannya, Tim Saber Pungli akan menyeleksi terlebih dahulu laporan yang diterima, mana yang hoax dan mana yang fitnah.

“Kita seleksi lagi, selanjutnya kita kirim ke Tim Intel untuk mencari kebenarannya dan baru kita kirim ke KL masing-masing atau ke Provinsi. Pihak UPP itulah yang nanti akan mengerjakan,” kata dia.

Sejak berdirinya Satgas Saber Pungli pada bulan Oktober lalu sampai sekarang, sudah 77 kasus yang ditangani. Adapun pungli, biasanya terjadi di bidang pelayanan masyarakat dan perijinan.

“Untuk aduan sudah hampir 20.000 aduan, sebagian itu belum bisa di pertanggung jawabankan, karena banyak laporan tanpa data pelapor, dan juga menindaklanjuti yang pasti-pasti aja yang A1 baru kita bergerak, atau 30 persen dari aduan yang sudah ada,” kata dia.

Dia mengatakan bahwa ikrar anti pungli, seperti yang dilakukan oleh para petugas BPN Kabupaten Bekasi, secara psikologis akan mengangkat daya tangkal terhadap pungli.

“Ini di indonesia yang pertama, harapannya instansi atau BPN yang lain bisa mengikuti,” ucapnya.

Sementara itu Plt. Bupati Bekasi, Rohim Mintareja mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah membentuk Tim Saber Pungli. “Timnya sudah terbentuk dan tinggal di SK-kan kemudian dilantik. Mudah-mudahan bulan ini,” kata dia. (BC)

Baca Juga

Ilustrasi

Dua Desa di Cabangbungin Dapat Program PTSL, Bebas Pungli?

BERITACIKARANG.COM, CABANGBUNGIN – Sedikitnya ada dua desa di Kecamatan Cabangbungin mendapatkan program Pendaftaran Tanah Sistematis …

Spanduk 'Kabupaten Bekasi Bersih' yang terpasang tepat di depan kantor gedung Bupati Bekasi, Selasa (30/10).

Satgas Saber Pungli Kabupaten Bekasi Perkuat Pencegahan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat ini tengah mendorong agar  Jawa Barat …