Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Endin Samsudin
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Endin Samsudin

157.827 Keluarga Miskin di Kabupaten Bekasi Terima BLT BBM

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – BLT BBM ( Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak) dan BPNT ( Bantuan Pangan Non Tunai) untuk warga miskin di Kabupaten Pasuruan sudah mulai disalurkan. Di Kabupaten Bekasi, total ada 127.165 KPM (keluarga penerima manfaat) yang menerima bantuan dari Kementrian Sosial RI ini.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Endin Samsudin menjelaskan BLT BBM direncanakan disalurkan selama 4 bulan mulai dari September hingga Desember tahun ini. Dengan nominal per bulan yang didapat adalah Rp150.000 per KPM. Namun untuk saat ini, pemberian BLT BBM langsung dua bulan sekaligus. Dalam artian nominal pada september dan oktober seketika diberikan di bulan september.

Sedangkan untuk BPNT dikonversi menjadi bantuan tunai untuk bulan September dengan nominal sebesar Rp 200 ribu per KPM. Sehingga total bantuan yang diterima per KPM sebesar Rp 500.000.

“Total yang diberikan Rp 500 ribu per KPM. Dengan rincian Rp 300 ribu itu BLT BBM dua bulan karena per bulannya Rp 150 ribu. Dan BPNT bantuannya sebesar Rp 200 ribu,” kata Endin, Selasa (20/09)

Hingga Senin 19 September 2022 kemarin, penyaluran BLT BBM itu telah mencapai 97,3 Persen dari total KPM di wilayahnya. Selain itu, dirinya memastikan KPM BLT BBM tepat sasaran. Sebab, para penerima bantuan tersebut telah melaluai proses verifikasi dan validasi data.

“Kekhawatiran boleh saja tetapi dari pihak kita ada program verifikasi dan validasi data. Dan dilakukan semua teman teman, jadi dengan adanya upaya itu, Insha Allah tepat sasaran,” harapnya.

Endin menegaskan bahwa pemberian BLT BBM ke warga miskin menjadi cara pemerintah untuk menjaga angka kemiskinan ekstrem supaya tidak melonjak. Para penerima bantuan sendiri merupakan keluarga yang sebelumnya juga sudah termasuk dalam Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau sembako serta Program Keluarga Harapan (PKH) yang tidak menerima BPNT. (dim)

Baca Juga

Wakapolres Metro Bekasi AKBP Erick Fendriz saat memimpin rilis ungkap kasus di Mapolsek Cikarang Barat, Selasa (16/08).

Puluhan Kali Beraksi di Kota dan Kabupaten Bekasi, Enam Pelaku Curanmor Diringkus Polisi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT – Polres Metro Bekasi meringkus enam pelaku pencurian kendaraan bermotor yang beraksi …

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan.

Seminggu Sekali, Pejabat Kabupaten Bekasi Akan Diberi Raport

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemkab Bekasi melaunching aplikasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) Kabupaten …