Ukir Sejarah Baru! Kabupaten Bekasi Juara Umum MTQ Jabar

Kabupaten Bekasi sukses menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang diselenggarakan pada tanggal 27 April-4 Mei 2024
Kabupaten Bekasi sukses menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang diselenggarakan pada tanggal 27 April-4 Mei 2024

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada 27 April-4 Mei 2024 di Kabupaten Bekasi resmi ditutup. Untuk pertama kalinya, Kabupaten Bekasi sukses menjadi juara umum dan menyisihkan juara umum 9 kali berturut-turut yakni Kota Bandung.

Untuk diketahui, terdapat 8 cabang yang dipertandingkan pada MTQ Jabar kali ini antara lain Cabang Tilawah Quran, Qiroat, Tafsir, Tahfidz, Khat, Syarhil, Fahmil dan Karya Tulis Ilmiah. Dari 8 cabang tersebut, Kabupaten Bekasi meraih juara umum dengan nilai 125, diikuti Kabupaten Bandung dengan nilai 59 diurutan kedua dan Kota Bandung dengan nilai 53 diperingkat ke tiga.

Bacaan Lainnya

BACA: Dani Ramdan Targetkan Kabupaten Bekasi Juara Umum pada MTQ Jabar

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengucap syukur atas prestasi yang tidak mungkin terjadi tanpa izin dan takdir dari Allah SWT ditambah kerja keras selama dua tahun ke belakang meski tidak dipublikasikan karena bagian dari strategi.

“Alhamdulillah Kabupaten Bekasi kembali mencetak sejarah untuk pertama kalinya setelah 38 kali MTQ artinya 76 tahun pelaksanaan MTQ kita mampu menjadi juara umum,” katanya.

Ia mengatakan prestasi ini sekaligus menjadikan Kabupaten Bekasi juara lahir dan batin setelah pada pergelaran Pekan Olahraga dan Pekan Paralimpic Jawa Barat 2022 juga sukses meraih gelar juara umum.

“Hattrick juara, juara lahir batin. Lahirnya jasmani lewat olahraga, batinnya lewat rohani melalui ajang MTQ ini,” kata Dani.

Sekda Jawa Barat: MTQ Provinsi Rasa Nasional

Sekretaris Daerah Jawa Barat, Herman Suryatman mengatakan penyelenggaraan MTQ Jabar ke-38 di Kabupaten Bekasi berjalan sukses, lancar, berkah, serta selamat.

“Bukan hanya sukses penyelenggaraan tapi sepertinya sukses hasilnya untuk Kabupaten Bekasi selaku tuan rumah, juga bagi 26 kota dan kabupaten lain se-Jawa Barat,” kata dia.

Herman mengaku sebelum ajang ini digelar, Kabupaten Sumedang selaku tuan rumah MTQ Jabar 2022 dinilai sebagai penyelenggara MTQ terbaik sepanjang masa.

“Itu saat saya masih bertugas di Sumedang. Namun saya harus akui MTQ di Kabupaten Bekasi ini yang terbaik, lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya. Mampu menyelenggarakan MTQ tingkat provinsi dengan kualifikasi tingkat Nasional,” katanya.

Dirinya mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bekasi bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) yang telah bahu-membahu menyukseskan pergelaran dua tahunan ini.

Selain itu dia pun mengajak segenap masyarakat untuk dapat mengambil makna dan manfaat positif dari penyelenggaraan MTQ Jawa Barat 2024 ini sekaligus menjadikan motivasi serta inspirasi bagi kehidupan ke depan.

Manfaat positif itu di antaranya mampu memperkuat ukhuwah islamiyah, persatuan dan kesatuan umat Jawa Barat yang berpenduduk lebih dari 50 juta jiwa melalui gotong royong membangun daerah.

“Selanjutnya menciptakan generasi Qurani, bukan hanya mampu membaca, memahami, tetapi juga mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Quran sebagai sumber ilmu, sumber pengetahuan. Jadikan Al Quran sebagai pedoman, way of life, dipahami bukan hanya secara tekstual namun kontekstual,” ucap dia. (DIM)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait