Sulap Barang Bekas Jadi Cuan, Perajin Perlengkapan Karnaval HUT RI Banjir Order

Menjelang HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78, perajin properti perlengkapan karnaval di Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, kebanjiran order
Menjelang HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78, perajin properti perlengkapan karnaval di Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, kebanjiran order

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN UTARA  – Menjelang HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78, perajin properti perlengkapan karnaval di Kabupaten Bekasi, kebanjiran order (pesanan). Uniknya perajin ini memanfaatkan barang bekas untuk bahan baku kerajinannya.

BACA: Mengais Rejeki di Kalimalang Jelang HUT RI

Bacaan Lainnya

Renaldi Iqbal, salah seorang perajin perlengkapan karnaval mengatakan menjelang HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 dirinya menyiapkan berbagai perlengkapan karnaval. Perlengakapan tersebut dibuat sesuai dengan pesanan pelanggannya.

“Ya Alhamdulillah pesenan properti ada peningkatan terutama menjelang Agustusan,” kata Renaldi Iqbal saat ditemui dikediamannya di Kampung Gabus Singkil, Desa Srijaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Rabu (16/08).

Pantauan di lokasi, Reynaldi Iqbal kini tengah menyelesaikan pesanan perlengkapan karnaval HUT RI berupa replika pohon, papan pasung, rantai tahanan, senjata jaman dulu, helm tentara hingga peti harta karun dan bambu runcing.

Selain warga sekitar, pesanan perlengkapan karnaval HUT RI juga datang dari wilayah Bandung dan Karawang. Perlengkapan tersebut dibuat dengan memanfaatkan barang bekas atau limbah spoon dan styrofoam. Hal ini dilakukan demi mengurangi sampah dilingkungan sekitar.

“Yang mesen itu bukan hanya dari Bekasi tapi juga dari luar kota seperti Bandung dan Karawang. Bahan bakunya spoon dan styrofoam jadinya ringan untuk dibawa saat karnaval,” kata dia.

Selain untuk kebutuhan karnaval HUT RI, Reynaldi Iqbal juga mengaku kerap melayani pesanan perlengkapan untuk kebutuhan pameran, pesta hajatan atau ulang tahun.

“Kalau agustusan ramainya memang untuk karnaval. Tetapi kalau hari-hari biasa paling nyiapin property untuk pameran, hajatan atau ulang tahun,” kata dia.

Rodiah, salah seorang pelanggan mengaku memesan perlengakapan untuk karnaval di perayaan Hari Kemerdekaan RI. “Saya pesen properti buat tujuh belasan, saya udah langganan disinimah hasilnya bagus dan bahannya ringan jadi nggak berbahaya,” ungkapnya.

Berbeda dengan Rodiah, Fitri pelanggan lainnya mengaku baru pertama kali datang untuk memesan perlengkapan karnaval di perayaan Hari Kemerdekaan RI.  “Saya tau dari temen kalau disini bisa bikin property. Ini mau pesen buat tujuh belasan sekaligus acara hajatan. Saya nyoba, ini baru pertama kali pesen,” kata dia. (ded)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait