Petani Anggur Kabupaten Bekasi Diajak Kembangkan Varietas Lokal

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan saat mengunjungi kebun anggur organic White Garden Grape yang terletak di Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung.
Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan saat mengunjungi kebun anggur organic White Garden Grape yang terletak di Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung.

BERITACIKARANG.COM, CIBITUNG – Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan  mengajak masyarakat untuk mengembangkan budi daya tanaman anggur serta menciptakan varietas anggur lokal.

Selain bisa tumbuh subur di lahan terbatas, tanaman buah anggur juga memiliki nilai ekonomis yang sangat baik sehingga bisa menguntungkan petani dan berpotensi menjadi varietas unggulan Kabupaten Bekasi.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Dani usai mengunjungi kebun anggur organic White Garden Grape yang terletak di Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung.

“Selama ini setahu saya belum ada kebun anggur berskala ekonomis yang bisa jadi komoditas unggulan, kalau saya liat disini potensinya sangat bisa,” katanya.

Keberadaan kebun anggur ini, sambung Dani, diharapkan bisa menjadi sumber edukasi bagi masyarakat dan mampu menciptakan petani anggur modern lainnya di Kabupaten Bekasi.

Pihaknya juga mendorong agar para petani mampu membuat varietas anggur lokal agar bisa menjadi ciri khas anggur dari Kabupaten Bekasi.

“Kebun anggur  ini bisa menciptakan petani anggur yang hebat, menjadi sumber ilmu. Saya juga memberi tantangan agar petani membuat varietas anggur lokal biar nanti hanya ada di Kabupaten Bekasi.” ucapnya.

Dirinya juga mengarahkan kepada para petani anggur agar bisa ikut terlibat aktif pada beberapa event, dengan tujuan untuk semakin memperkenalkan produk-produk khas Kabupaten Bekasi.

Lurah Wanasari, Sarkum mengatakan, Kelurahan Wanasari turut mendukung program yang dijalankan oleh para petani anggur. Dia yakin kegiatan ini dapat dijadikan role model bagi masyarakat lainnya di Kelurahan Wanasari.

Dengan keterbukaan informasi dan edukasi yang diberikan oleh petani modern ini, tentunya akan sangat bermanfaat untuk mengalihfungsikan pekarangan rumah dengan tanaman yang bernilai ekonomis.

“Iya kita tahu bahwa di sini ada beberapa jenis anggur bahkan ada juga anggur dari luar negeri yang dapat tumbuh subur disini. Jadi saya mendorong agar masyarakat dapat mengimplementasikannya di rumah agar budidaya ini dapat menjadi hobi bercocok tanam yang memiliki nilai ekonomi,” kata Sarkum.

Petani Anggur sekaligus owner White Garden Grape, Robi Murdani mengaku dukungan dari pemerintah daerah selama enam bulan kebelakang sangatlah membantu perkebunan untuk bisa bangkit, setelah beberapa waktu lalu mati suri akibat pandemi Covid-19.

Dengan kunjungan ini, dia optimis anggur khas Kabupaten Bekasi akan dapat terealisasikan di kebun miliknya.

“Saya berterima kasih atas bantuan dan perhatian yang diberikan oleh pemerintah daerah sehingga sangat berdampak sekali bagi kami. Kedepan kita berharap agar anggur ini juga dapat menjadi buah varietas lokal seperti yang disampaikan oleh Pj Bupati Bekasi,” tandasnya.  (riz)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait