Peserta Outing Bucschraft Kali Cikarang Dilatih Bertahan Hidup di Alam Bebas

Sejumlah rewalan saat mengikuti Outing Bucschraft By The River di Taman Hati Kali Cikarang
Sejumlah rewalan saat mengikuti Outing Bucschraft By The River di Taman Hati Kali Cikarang

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT  – Sejumlah rewalan yang menjadi peserta Outing Bucschraft By The River di Taman Hati Kali Cikarang mendapatkan pengetahuan dan latihan kemampuan bertahan hidup di alam bebas.

Kegiatan Outing Bucschraft B  y The River ini diselenggarakan oleh Indonesian Bushcraft and Survival Brotherhood  (IBSB) sebagai komunitas para penggiat Bushcraft and Survival (BS), pada Sabtu dan Minggu kemarin tepatnya pada tanggal 19-20 Maret 2022.

Bacaan Lainnya

Penanggung Jawab kegiatan, Irawan Wahyudi menjelaskan tujuan acara tersebut antara lain guna meningkatkan kemampuan, pemahaman dan menambah wawasan dan pemahaman, bagaimana para relawan bertahan hidup di alam bebas, bagaimana adabnya dan bagaimana ilmunya.

“Intinya sih kegiatan ini melatih wilderness skills dan bushcraft skills (kemampuan rescue plus merawat lingkungan),” kata Irawan yang juga merupakan relawan di Indonesian Disaster Emergency Response Unit, sebuah Organisasi Kemanusiaan dan Kebencanaan.

Bushcraft pertama kali dipopulerkan oleh petualang bernama Les Hiddins dan Mors Kochanski.

Bushcraft bisa diartikan sebagai keahlian hidup di alam bebas, atau keterampilan yang mengharuskan seseorang memahami dan memanfaatkan alam, juga metode alami untuk mempertahankan hidup sendiri dan orang lain—termasuk di dalamnya kemampuan dasar survival.

“Selain diisi dengan sharing teori dan praktek seputar wilderness dan bushcraft skills pada kegiatan ini juga diisi dengan materi tentang Food Foraging, Fishing, Arboriculture dan Tree Climbing,” kata Irawan

Yahya Komeng  selaku Ketua Rehab Kali Cikarang dan juga tuan rumah mengapresiasi kegiatan komunitas Bushcraft and Survival di Taman Hati Kali Cikarang.

Komeng berharap kegiatan tersebut dapat berkelanjutan dan akan ada lagi relawan-relawan di bidang lain yang mau berbagi pengetahuan dengan para rekan-rekan relawan di sekitaran Bekasi khususnya kepada relawan Rehab Kali Cikarang.

“Semoga pengetahuan dan teknik yang sudah dipelajari akan bermanfaat dan berguna bagi para relawan dan lingkungan di sekitarnya,” tutup Komeng. (sot)

Pos terkait