Perdana, Kontes Ikan Koi Skala Nasional di Kabupaten Bekasi Akan Digelar Besok!

Ilustrasi
Ilustrasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN  – Sultan Koi Cikarang akan menggelar kontes ikan Koi skala nasional di Kabupaten Bekasi untuk pertama kalinya. Kontes dengan nama 1st Bupati Bekasi Young Koi Show ini akan di gelar di Maxxbox Orange Country Lippo Cikarang mulai Sabtu 19 Maret 2022 besok hingga Minggu 20 Maret 2022.

Owner Sultan Koi Cikarang sekaligus Ketua Panitia, Nyumarno mengatakan kontes ini akan melombakan 5 kelas atau kategori, yaitu mulai dari Kelas A-E. Kelas A untuk Kohaku, Sanke, Showa. Kelas B untuk Shiro Utsuri, Kinginrin A, Goshiki, Kujaku dan Ochiba.

Bacaan Lainnya

Kemudian Kelas C untuk Tancho, Kinginrin B, Hikari Moyomono,  Kawarimono A, Doitsu dan Koromo. Lalu untuk Kelas D yakni Asagi, Bekko, Shusui, Hikari Utsuri serta Hi/Ki Utsuri. Kelas E untuk Kawarimono B, Hikari Mujimono dan Kinginrin C.

“Untuk ukuran yang akan dikonteskan ada sekitar 13 segmen, mulai dari mendekati 10 centimeter hingga terbesar 65 centimeter,” kata Nyumarno, Jum’at (18/03).

Sedangkan untuk penjurian, kontes ini menghadirkan 15 orang juri dari berbagai daerah. Salah satunya adalah juri dari Shinkokai Jepang. “Untuk kriteria penjurian itu dari panjang ikan, body pattern (corak) dan dari kekuatan warnanya (shinning atau kecemerlangan). Tetapi point utamanya ikan tidak boleh cacat dan ukuran panjang sesuai,” kata dia.

Selain memperebutkan piala, piagam dan hadiah uang tunai dengan total mencapai Rp 97 juta, Nyumarno menjelaskan kontes ini juga memperebutkan 1 unit sepeda motor jenis N-Max untuk peserta kategori most entry serta doorprize.

“Untuk pelaksanaan dipastikan mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran yang ada. Salah satunya, setiap pengunjung wajib menggunakan aplikasi pedulilindungi atau menunjukan sertifikat vaksin,” kata dia.

Pria yang menjabat sebagai anggota legislative ini menambahkan, selain menjadi ajang silaturahmi pecintai koi, kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi pemantik bagi pemerintah daerah untuk memberikan perhatian lebih pada sektor pembibitan hingga pembubidayaan ikan koi ini. Terlebih, penghobi ikan koi di Kabupaten Bekasi ini sangat banyak.

“ Jika pemerintah daerah memberikan perhatian pada sektor pembibitan hingga pembubidayaan, tentu ini akan sangat membantu masyarakat untuk meningkatkan dan memulihkan perekonomian di era pandemi seperti sekarang ini,” kata dia. (dim)

Pos terkait