Percepatan Pembangunan di Kabupaten Bekasi, Puluhan Proyek Pengadaan Barang dan Jasa Mulai Dilelang

Ilustrasi proyek percepatan pembangunan
Ilustrasi proyek percepatan pembangunan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  –  Pemerintah Kabupten Bekasi berkomitmen untuk mempercepat realisasi pembangunan di tahun 2023 ini. Bahkan pada triwulan pertama, proyek infrastruktur diyakini mulai berjalan.

Percepatan ini dilakukan setelah dalam beberapa tahun terakhir, pembangunan fisik baru dikerjakan pada semester kedua. Tidak sedikit proyek pembangunan yang baru digelar di triwulan akhir, bahkan jelang akhir tahun.

Bacaan Lainnya

Akibat realisasi pembangunan terlambat, tidak sedikit proyek yang dikerjakan tidak maksimal lantaran keterbatasan waktu. Bahkan, ada pula yang justru tidak selesai. Dengan kondisi ini, warga pun tidak dapat menikmati hasil pembangunan seperti yang dijanjikan pemerintah.

“Kondisi tersebut jangan sampai terulang lagi tahun ini. Makanya, percepatan sedang kami lakukan agar pembangunan benar-benar dikerjakan dengan maksimal hasilnya,” kata Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan.

Terpisha, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Setda Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha mengatakan pertanggal 8 Februari 2023 terdapat 67 kegiatan yang sudah mulai dilelang. “Ada 67 kegiatan pengadaan barang dan jasa yang sudah dilelang,”kata dia.

Kegiatan yang dilelang mayoritas adalah jasa konsultan untuk kegiatan fisik dari Perangkat Daerah yang membidangi infrastruktur dan kewilayahan seperti Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR), Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) serta Dinas Sumber Daya Air Binamarga dan Binakontruks dan Binamarga (SDA-BKBM).

“Untuk awalan kebanyakan jasa konsultan untuk dinas fisik,” tuturnya.

Jasa konsultan untuk pekerjaan konturksi, sambungnya, dibutuhkan sebagai tahapan awal agar dapat menghasilkan kualitas pekerjaan yang lebih baik dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat secara berkelanjutan.  Apabila proses tersebut selesai, maka dapat tahapan selanjutnya adalah proses lelang pekerjaan fisiknya.

“Kita akan memaksimalkan proses waktu lelang pada tahap awalan ini dengan memperhatikan ketertiban administrasi dan dokumen. Sehingga setelah proses tersebut selesai, bisa langsung dilanjutkan untuk proses lelang pekerjaan fisiknya,” kata dia.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Binamarga dan Binakontruksi, Henri Lincoln menuturkan pihaknya sudah memproses 29 kegiatan untuk jasa konsultan.  “Baru jasa konsultan. Untuk percepatan pembangunan khususnya untuk jalan, drainase dan jembatan kami upayakan bisa masuk proses lelang diawal bulan Maret atau akhir bulan Febuari,” kata dia.

Henri menuturkan, pihaknya akan memaksimalkan jumlah anggaran untuk bidang kontruksi dengan maksimal agar masyarakat bisa merasakan pembangunan yang menjadi program kerja Pemkab Bekasi.

“Ya saat ini memang percapatan pembangunan.  Namun kami juga harus mengedepankan administrasi untuk kehati-hatian dalam penggunaan keuangan daerah. Jangan sampai terjadi kerugian keuangan daerah. Oleh sebab itu harus ada sejumlah tahapan yang dilalui untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang baik dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat,” kata dia. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait