Korps Musik Kabupaten Bekasi, Semua Personilnya Petugas Pemadam Kebakaran

Penampilan Korps Musik Kabupaten Bekasi pada puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-73
Penampilan Korps Musik Kabupaten Bekasi pada puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-73

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Iringan musik mengalun pada puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-73 di lapangan apel Plaza Pemerintah Kabupaten Bekasi beberapa waktu lalu. Iringan musik ini dibawakan Koprs Musik (Korsik) Kabupaten Bekasi yang anggotanya adalah personil Pemadam Kebakaran (Damkar).

BACA: Selain Jago Memadamkan Api, Damkar Kabupaten Bekasi Juga Mahir Bermain Musik

Bacaan Lainnya

Djoko Wibowo, Konduktor Korps Musik Kabupaten Bekasi menjelaskan kesiapan para personil korps musik ini dibutuhkan mengingat mobilitas kerja para petugas pemadam kebakaran juga cukup padat. Namun, demi suksesnya acara di lingkungan Pemkab Bekasi, dia dan personil lainnya harus siap.

“Jadi kalau saat piket dan ada surat perintah untuk tampil di korps musik, kita akan tampil terlebih dahulu di korps musik dan begitu selesai kita kembali melanjutkan tugas sebagai petugas pemadam kebakaran,” kata dia.

Menurutnya, tampil sebagai anggota korps musik tentu bukan tugas yang ringan. Selain memiliki kemampuan memadamkan api, para personil korps musik juga harus memiliki kemampuan membaca not balok hingga memainkan alat musik.

“Selain ada pelatihan fire rescue juga ada pelatihan dasar korps musik di Ciracas. Jadi nggak ada kendala sehingga saat tugas sebagai pemadam kami siap dan saat diminta untuk tampil sebagai anggota korps musik juga harus siap,” kata laki-laki yang menjabat sebagai Komandan Regu (Danru) Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi ini.

Korps Musik Kabupaten Bekasi, kata dia, dalam setiap pekan berlatih di Kantor Damkar Kabupaten Bekasi. Selain rutin mengisi di acara Hari Jadi Kabupaten Bekasi, setiap tahunnya ada puluhan kegiatan yang diikuti Korps Musik Kabupaten Bekasi seperti HUT RI, Hari Pendidikan Nasional, Hari Kebangkitan Nasional, Hari Olahraga Nasional, Hari Pramuka, HUT Korpri, dll.

“Untuk latihan satu minggu sekali. Kalau tampil banyak, selain di Hari Jadi Kabupaten Bekasi kita juga tampil di event-event  resmi atau upacara di lingkungan Pemkab Bekasi,” kata dia. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait