Koperasi di Kabupaten Bekasi Banyak yang Mati Suri

Ilustrasi
Ilustrasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Ratusan koperasi di Kabupaten Bekasi saat ini kondisinya mati suri. Berbagai persoalan menjadi penyebab vakumnya ratusan koperasi tersebut, di antaranya kredit macet.

“Ya penyebabnya banyak ya, apa lagi kemarin Covid-19 kan, jadi ya salah satu penyebabnya ya itu juga,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi, Iyan Priyatna, Rabu (21/09).

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, saat ini di Kabupaten Bekasi ada sekitar 1.100 koperasi yang tercatat. Namun dari jumlah itu, hanya 525 yang masih aktif.

“Tapi dari 525 koperasi yang masih aktif, hanya sekitar 200 yang sehat,” kata Iyan.

Ratusan koperasi yang tidak aktif di Kabupaten Bekasi disebabkan berbagai persoalan selain kredit macet. Seperti sudah tidak ada aktivitas bisnis dan belum memperbaharui badan hukumnya.

“Ada juga koperasi yang tidak aktif karena sudah lama tidak mengadakan RAT, tapi koperasi yang sudah tidak aktif itu masih tercatat di kita,” ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Bekasi, lanjut Iyan, saat ini sedang memilah kembali koperasi yang sehat. Karena pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan untuk memprioritaskan kualitas ketimbang kuantitas koperasi.

“Sekarang ini kita fokusnya ke kualitas, jadi tidak mengejar kuantitas, arah kebijakan pemerintah seperti itu. Jadi dari pada koperasi banyak tapi tidak berkualitas. Kita sudah membentuk satgas untuk menyisir itu, jadi kita checking aktivitas dan pengurusnya,” kata Iyan. (dim)

Pos terkait