Jadi Biang Kerok Banjir, Sampah di Kali Ciherang Dikeruk

Tumpukan sampah di Kali Ciherang yang diduga menjadi salah satu biang kerok penyebab banjir saat musim penghujan mulai dikeruk, Jum'at (03/03).
Tumpukan sampah di Kali Ciherang yang diduga menjadi salah satu biang kerok penyebab banjir saat musim penghujan mulai dikeruk, Jum'at (03/03).

BERITACIKARANG.COM, KARANGBAHAGIA  – Tumpukan sampah di Kali Ciherang yang selama ini diduga menjadi salah satu biang kerok penyebab banjir saat musim penghujan mulai dibersihkan.

Plt Kepala UPTD Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Bekasi, Sumardi mengatakan, sampah yang menumpuk tersebut kiriman dari hulu yang terbawa banjir dan tersangkut di Jembatan kali tersebut yang terletak di Desa Karangsatu, Kecamatan Karangbahagia.

Bacaan Lainnya

“Sampah tersebut mayoritas sampah domestik yang tersangkut di jembatan sehingga menyumbat saluran air,” kata Sumardi, Jum’at (03/03).

Pembersihan sampah di Jembatan Kali Ciherang, lanjut Sumardi, bekerjasama dengan Dinas Sumber Daya air Bina Marga dan Bina Kontruksi (SDABMBK) Kabupaten Bekasi, dengan mengerahkan alat berat jenis long arm excavator.

“Sampah di Kali Ciherang dibersihkan untuk mengurangi risiko terjadinya banjir, sesuai arahan dari Pak Pj Bupati Bekasi dalam rangka tanggap darurat bencana hidrometeorologi di Kabupaten Bekasi,” ungkapnya.

Sampah dari Kali Ciherang tersebut, kata dia, untuk selanjutnya akan diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng.

“Ya, kami langsung angkut puluhan ton sampah ini ke TPA Burangkeng dengan 10 armada yang sudah disiapkan,” katanya.

Sumardi mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai atau irigasi, apalagi saat musim hujan sekarang ini yang berpotensi menyebabkan banjir.

“Intinya jangan membuang sampah di saluran air, karena dampaknya sangat besar dan bisa menyebabkan banjir,” pungkasnya. (riz)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait