Enam Dalang Unjuk Gigi di Binojakrama Padalangan Kabupaten Bekasi

Penampilan salah seorang dalang saat mengikuti Binojakrama Padalangan (Kompetisi Dalang) tingkat Kabupaten Bekasi, Selasa (21/11).
Penampilan salah seorang dalang saat mengikuti Binojakrama Padalangan (Kompetisi Dalang) tingkat Kabupaten Bekasi, Selasa (21/11).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Sejumlah dalang mengikuti Binojakrama Padalangan (Kompetisi Dalang) tingkat Kabupaten Bekasi. Mereka menampilkan kemampuan terbaiknya membawakan lakon, alur, serta isi cerita untuk mendapatkan tiket pada kegiatan serupa di tingkat Jawa Barat.

Sub Koordinator Pelestarian dan Pembinaan Kesenian Disbudpora Kabupaten Bekasi, Ulung Endi Suryadi  mengatakan ada 6 dalang yang mengikuti kegiatan ini. Dalang dengan penampilan terbaik akan mewakili Kabupaten Bekasi pada kegiatan serupa di tingkat Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

BACA: Pepadi Berharap Wayang Masuk Kurikulum Sekolah

“Ada 6 dalang yang mengikuti kegiatan ini. Jadi di dalam Binojakrama Padalangan ini kita akan memilih 1 dalang terbaik yang nantinya  akan kirim untuk mengikuti event serupa di tingkat Provinsi,” ungkapnya, Selasa (21/11).

Rencananya, Binojakrama Padalangan 2023  tingkat Provinsi Jawa Barat akan digelar pada tanggal 26-27 November 2023 mendatang Kabupaten Bandung.

Regenerasi Dalang

Ulung menambahkan, Seni Padalangan merupakan aset dan kebanggaan yang sudah lama ada. Karena itu, pembinaan dan kegiatan padalangan akan terus digelar, sehingga pihaknya bisa melestarikan padalangan di Kabupaten Bekasi.

“Kita bekerjasama dengan Pepadi (Persatuan Pedalang Indonesia). Nah Pepadi inilah yang membuat program-program pembinaan secara terus menerus  dari mulai usai anak-anak, remaja hingga dewasa,” ungkapnya.

Terpisah, Wakil Ketua Pepadi Kabupaten Bekasi Rachmatullah mengatakan Pepadi terus berupaya membuat program-program pembinaan.  Harapaannya akan terus bermunculan dalang handal untuk melestarikan seni pedalangan di wilayahanya.

“Alhamdulillah kita terus keliling dari kampung ke kampung, dari sekolah-sekolah untuk mencari bakat pedalang. Saat ini pun kita sedang  membina beberapa pedalang dari mulai tingkat SD, SMP, SMA hingga Mahasiswa yang punya potensi bakat mendalang,” ungkapnya. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait