Aksi Teaterikal Perjuangan Si Belut Putih Tampil Memukau di Kenduri Pejuang Bekasi

Aksi teaterikal Perjuangan Si Belut Putih yang dipergakan Teater 41 Tambun Utara di acara Kenduri Pejuang Bekasi, Senin (20/11).
Aksi teaterikal Perjuangan Si Belut Putih yang dipergakan Teater 41 Tambun Utara di acara Kenduri Pejuang Bekasi, Senin (20/11).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Aksi teaterikal Perjuangan Si Belut Putih tampil memukau di acara Kenduri Pejuang Bekasi. Sebuah ungkapan yang pantas diberikan saat melihat aksi perjuangan KH Noer Ali dan rakyat Bekasi melawan penjajahan pada masa pendudukan Belanda yang diperagakan oleh personil Teater 41 Tambun Utara (Tetara 41).

Dengan penuh ekspresi dan penjiwaan mereka tampil dengan perannya masing-masing pada acara yang diinisiasi oleh Wartawan Media Center Kabupaten Bekasi dalam rangka memperingati Hari Pahlawan di Gedung Swantantra Wibawa Mukti Kompleks Pemda Kabupaten Bekasi pada Senin (20/11).

Bacaan Lainnya

BACA: Upacara Hari Pahlawan, Dani Ramdan Ajak Pemuda Perangi Kebodohan dan Kemiskinan

Selain teatrikal, pada kegiatan bertajuk Bercerita, Merenung dan Berdoa ini ditampilkan puisi dan renungan perjuangan, hingga refleksi dari keluarga pejuang KH Noer Ali dan KH Raden Ma’mun Nawawi.

Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengapresiasi kegiatan Kenduri Pejuang Bekasi tersebut. “Ini saya kira ide kreatif dari teman-teman media center ya, tidak hanya memberitakan menginformasikan yang paling pokok mencerdaskan bangsa tapi bisa juga melalui edukasi, seperti ini,” kata Dani.

Dani menilai sosok pahlawan tidak pernah selesai dibacakan dikenang setiap perkembangan bangsa dan negara. Karena bangsa yang besar dan kuat selalu mengenang jasa pahlawan dan bisa meneruskan perjuangan pahlawannya.

“Ini jadi pelajaran juga buat kita semua untuk jadi dan dikenang pahlawan. Tidak ada yang bisa kerja keras membuat perubahan diujug-ujug pahlawan, karena begitu tingginya pahlawan ini,” kata dia.

Maka kegiatan seperti ini, kata Dani, bisa terus ditanamkan ke generasi penerus, khususnya para anak sekolah dan pelajar. “Maka saya kira penting bagi kita ada momentum 10 November. Tetapi bagaimana yang lebih penting dari itu bahwa dalam setiap hari keseharian kita nilai-nilai kepahlawan itu bisa kita terus tanamkan dan kita wariskan ke anak-anak generasi selanjutnya,” ungkapnya.

Dani menambahkan, pihaknya terus berjuang untuk memperhatikan pahlawan asal Kabupaten Bekasi. Salah satunya ini memperjuangan mereka untuk jadi pahlawan nasional. Saat ini juga pihaknya masih proses berjuang untuk menjadi KH Raden Ma’mun Nawawi menjadi pahlawan nasional.

“Mudah-mudahan di tahun depan bisa menjadi pahlawan nasional,” katanya.

Sementara, KH Irfan Mas’ud, cucu dari pahlawan KH Noer Ali mengapresiasi kegiatan ini. Diharapkan semua warga, khususnya para pelajar di Kabupaten Bekasi dapat mengetahui pejuangan pahlawan bangsa.

“Terima kasih teman-teman media center, kegiatan positif ini dapat mendorong agar generasi penerus ini dapat menjaga dan meneruskan perjuangan melalui pembangunan daerah lebih baik,” katanya.

Sementara KH Jamaludin Al Nawawi perwakilan keluarga pejuang almarhum KH Raden Ma’mun Nawawi berterima kasih atas upaya pemerintah daerah dalam memperjuangkan agar bisa menjadi pahlawan nasional.

Selain Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan hadir para kegiatan itu Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Holik Qodratullah, Kapolres Metro Bekasi, Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi, Pengadilan Negeri Cikarang, Dandim 0509 Kabupaten Bekasi dan Kepala Kemenag Kabupaten Bekasi, KH Shobirin. Kemudian Kepala Perangkat Daerah, Abang Mpok Kabupaten Bekasi, Tim Paduan Suara Gita Bahana dan sejumlah pelajar. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait