Dani Ramdan Dorong Bocah Bekasi Lanjut ke Perguruan Tinggi

Pj Bupati Dani Ramdan mendorong anak muda Kabupaten Bekasi untuk terus melanjutkan pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi
Pj Bupati Dani Ramdan mendorong anak muda Kabupaten Bekasi untuk terus melanjutkan pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi mendorong anak muda Kabupaten Bekasi untuk terus melanjutkan pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi.  Sebagai daerah industri, ketersediaan sumber daya manusia berkualitas dibutuhkan untuk menyongsong ‘generasi emas’ dan puncak bonus demografi.

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi telah meluncurkan program beasiswa kuliah bagi para pemuda berprestasi di wilayahnya yang diberinama program Bantuan Pendidikan Pintar. Beasiswa ini merupakan dorongan Pemerintah Kabupaten Bekasi agar anak muda di daerahnya bisa melanjutkan pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi.

Bacaan Lainnya

BACA: Sekolah di SD dan SMP Swasta, Siswa Miskin Berprestasi dapat Beasiswa

“Memang kendala umumnya dibiaya. Oleh karena itu kita luncurkan beasiswa melalui program Bantuan Pendidikan Pintar. Jadi walaupun kita belum punya perguruan tinggi sendiri yang didukung Pemda dan sekarang kuliahnya masih di mana-mana, tapi biayanya kita tanggung,” kata Dani Ramdan.

Ditambahkannya, Kabupaten Bekasi merupakan daerah industrial yang sangat kompetitif dalam penyerapan tenaga kerja lokal. Untuk itu kehadiran beasiswa ini sekaligus menjadi upaya peningkatan kompetensi anak muda di wilayahnya yang akan bekerja di perusahaan dan diharapkan mampu mencetak generasi yang unggul, berkualitas dan kompeten.

“Industri kita juga sedang bertransformasi ke digital, pertanyaannya apakah kita sudah siap? Dengan bantuan pendidikan ini kita dorong mereka untuk ke jenjang pendidikan dengan konsentrasi digital. Walaupun tetap untuk humaniora dan lainnya kita berikan porsi,” kata dia.

Kepala Dinas Budaya, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha menjelaskan program Bantuan Pendidikan Pintar ditujukan untuk 100 orang lulusan SMA/SMK/MA berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan S1 di perguruan tinggi. Prestasi tak hanya memfokuskan pada pencapaian akademik namun juga mengapresiasi keterlibatan dalam kegiatan non akademik.

Pendaftaran program ini telah dibuka Pemkab Bekasi dari tanggal 1 – 5 Juli 2024. “Untuk pengajuan ada di website kami di https://banpin.bekasikab.go.id.  Informasi di website ini lengkap mengenai bantuan tersebut. Mulai dari pendaftaran sampai pemilihan atau seleksi. Nanti bantuan ini akan ditransfer ke universitas penerima bantuan, per semester Rp. 5 juta dan perbulannya penerima diberikan Rp. 600 ribu,” kata dia. (RIZ)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait