Asyik, Punya Kartu Identitas Anak di Kabupaten Bekasi Bakal Dapat Diskon Masuk Tempat Rekreasi

Kartu Identitas Anak
Kartu Identitas Anak

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Kartu Identitas Anak (KIA) ternyata bukan hanya akan berfungsi untuk memudahkan pendataan identitas anak. Di Kabupaten Bekasi, KIA rencananya juga bisa digunakan untuk mendapatkan potongan harga atau diskon saat masuk ke tempat rekreasi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bekasi, Ali Syahbana membenarkan hal itu. Oleh karenanya, dalam waktu dekat pihaknya berencana untuk menggandeng pihak swasta selaku pengelola tempat rekreasi yang ada di Kabupaten Bekasi guna menjalin kerjasama terkait hal tersebut.

Bacaan Lainnya

“Jadi nanti jika anak itu sudah memiliki KIA, saat dia hendak liburan misal ingin berenang itu bakal ada diskonnya. Jadi tinggal menunjukkan KIA saja,” kata Ali Syahbana, Jum’at (28/12).

Rencana itu, diakui Ali, belum bisa direalisasikan tahun ini. Sebab, KIA baru akan digelontorkan pihak Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) di tahun 2019 nanti.”Tahun depan, KIA akan langsung diberikan dan akan digelontorkan sebanyak 95 ribu kartu,” ucapnya.

Sementara itu sejak Agustus 2018 lalu, Ali mengatakan sudah ada sekitar 15 ribu siswa Sekolah Dasar (SD) yang melakukan perekaman. “Dari catatan saya, sudah ada sekitar 15 ribu anak yang sudah melakukan perekaman KIA,”  kata dia.

Menurut Ali, KIA sangat bermanfaat dan berguna sekali buat masyarakat serta mempermudahkan pemerintah mendata dari awal warganya.  “Jadi kayak semacam KTP kecil dan untuk kedepannya itu bisa memudahkan proses perekaman e-KTP,” singkatnya. (BC)

Pos terkait