Ada Siswa Titipan Pada PPDB Online di SMK Negeri 1 Cikarang Barat?

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT – Orang tua calon siswa yang mendaftar di SMK Negeri 1 Cikarang Barat saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tahun 2017 ini mengeluhkan anaknya tidak masuk saat pendaftaran melalui jalur Afirmasi atau menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

“Saya bingung anak saya tidak bisa masuk ke SMKN 1 Cikarang Barat, padahal ada jalur pake SKTM,” kata salah satu orangtua murid, Selasa (13/06).

Bacaan Lainnya

Dikatakan dia, calon siswa yang mendaftar di SMKN 1 Cikarang Barat yang menggunakan SKTM dengan nilai Ujian Nasional (UN) dibawah anaknya justru masuk. Sehingga, dirinya menaruh curiga bahwa PPDB Online diduga hanya bisa masuk dari titipan segilintir oknum.

“Saya juga awalnya ada yang bicara dan nawarin juga kalau mau masuk, bisa lewat belakang. Tapi saya gak mau, karena memang gak punya uang,” keluh sang ibu.

Ibu yang berstatus janda tersebut berharap anaknya dapat bersekolah di SMKN 1 Cikarang Barat, dengan sesuai jurusan yang dikehendakinya. “Gak ada biaya juga buat anak saya kalau sekolah di swasta,” tuturnya.

Hasil penelusuran dilapangan, salah seorang calo yang berhasil ditemui sempat menawarakan kepada BERITACIKARANG.COM agar menyerahkan berkas pendaftaran calon siswa kepadanya. “Itu mah (di online-red) bisa digeser, kan di online juga gak dikasih tau nilai UN. Operator yang tau, kau ada berkas gak?,” kata pria berinisial TH itu.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Cikarang Barat, Nopriandi membantah adanya titipan-titipan untuk calon peserta PPDB online dan dipastikan tidak ada permainan. Apalagi pihaknya hanya menerima pemberkasaan dalam penyeleksian.

“Setahu kami tidak ada permainan dan tidak ada titip-titipan mas, semua berjalan apa adanya, aplikasi yang menyeleksi. Kalau pemberkasan sesuai yang kita terima mas,” kata Nopriandi. (BC)

Pos terkait