3 Ribu Hewan Ternak di Kabupaten Bekasi Sudah Divaksin PMK

Vaksinasi PMK hewan ternak di Kabupaten Bekasi.
Vaksinasi PMK hewan ternak di Kabupaten Bekasi.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Persiapan hari raya Idul Adha 1444 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Bekasi terus menggencarkan vaksinasi terhadap hewan ternak yang akan dijadikan kurban, seperti sapi, domba, kerbau dan kambing guna terhindar dari Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dwian Wahyudiharto mengatakan pada tahun ini pihaknya menargetan 9 ribu ekor hewan ternak di wilayahnya mendaptakan vaksinasi.

Bacaan Lainnya

“Vaksinasi terus menerus kita lakukan. Satgas juga terus bergerak melaksanakan vaksinansi dan moitoring. Adapun hewan ternak yang sudah dilakukan vaksinasi PMK pada 2023 sebanyak 3 ribu ekor lebih,” kata Dwian Wahyudiharto.

Dikatakannya vaksinasi PMK ini bertujuan untuk mencegah penyebarluasan penyakit, melindungi kelompok hewan yang rentan dan mengurangi dampak ekonomi akibat penyebaran PMK dan merupakan tindakan permanen dalam mengendalikan PMK untuk memberikan kekebalan hewan ternak terhadap virus PMK.

“Temuan di Tahun 2022,  hampir 19 kecamatan terdapat kasus PMK. Tapi Sekarang, dari Januari 2023 sampai pada 6 April 2023 kurang lebih hanya beberapa ekor saja dan itu dalam proses penyembuhan,” katanya.

Dikatakannya di Kabupaten Bekasi saat ini kasus PMK terus menurun. Oleh karenanya ia meminta kepada peternak meningkatkan pemeliharaan terhadap ternaknya, baik itu dari pakan maupun manajemen pemeliharaan di kandang dan lingkungan.

“Kalau PMK sendiri, penanganan kasus selama ini yang kita lakukan tim yang ada bergerak baik itu untuk pengobatan maupun vaksinasi. Dan juga, kemudian kami terus melakukan sosialisasi pada masyarakat,” kata dia. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait