Salah seorang Warga Binaan atau narapidana di Lapas Cikarang saat memasukan surat suara ke kotak suara Pemilu 2019, Rabu (17/04).
Salah seorang Warga Binaan atau narapidana di Lapas Cikarang saat memasukan surat suara ke kotak suara Pemilu 2019, Rabu (17/04).

1.374 Napi Nyoblos di Lapas Cikarang

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Sebanyak 1.374 dari 1.766 orang narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cikarang mengikuti pemungutan suara pada Pemilu Serentak 2019, Rabu (17/04).

Kepala Lapas Cikarang, Kadek Anton Budiharta menjelaskan sampai tanggal 16 April 2019, jumlah penghuni Lapas Cikarang berjumlah 1.766 orang. Tetapi pemungutan suara hanya diikuti sebanyak 1.374 orang.

“Sisanya, yakni sebanyak 392 orang napi  tidak ikut mencoblos dikarenakan berstatus sebagai Warga Negara Asing (WNA) sebanyak 3 orang, dibawah umur 20 orang serta berdomisili di luar wilayah Kabupaten Bekasi dan masuk Lapas setelah penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 369 orang,” ungkapnya.

Dari 1.374 orang narapidana yang mengikuti pemungutan suara 1.250 orang masuk dalam DPT dan 124 orang masuk dalam DPTb dan DPK. “Selain diikuti oleh napi, pemungutan suara juga diikuti 108 orang petugas Lapas yang tengah bertugas,” ungkapnya.

Kadek menambahkan, proses pemungutan suara dilakukan di 6 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di dalam Lapas, yakni TPS 26, TPS 27, TPS 28, TPS 29, TPS 30 dan TPS 31. Pelaksanaan pemungutan suara di setiap TPS dilaksanakan oleh KPPS yang berjumlah 9 orang terdiri dari warga Desa Pasir Tanjung dan petugas Lapas Cikarang.

“Untuk pengamanan pelaksanaan pemungutan suara, Lapas Cikarang dibantu oleh petugas keamanan dari Polres Metro Bekasi, Polsek Cikarang Pusat dan Koramil XII Serang Baru,” ujarnya.

Menurut Kadek, melindungi hak pilih warga binaan pemasyarakatan merupakan tugas dari lembaga pemasyarakatan. Untuk itu, sejak awal pihaknya terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan penyelanggara pemilu untuk memastikan hak pilih warga binaan dapat tersalurkan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada KPUD Kabupaten Bekasi, Bawaslu Disdukcapil Kabupaten Bekasi, Kapolres Metro Bekasi beserta jajaran, Dandim 0509 beserta jajaran, serta seluruh anggota KPPS atas bantuan dan partisipasinya sehingga pelaksanaan pemilu di Lapas Cikarang berlangsung aman, tertib, lancar, dan kondusif,” katanya.  (BC)

Baca Juga

Penyerahan SK Remisi Umum pada peringatan Hari Kemerdekaan ini dilakukan oleh Bupati Bekasi kepada perwakilan warga binaan pemasyarakatan Lapas Cikarang, Sabtu (17/08).

998 Warga Binaan Lapas Cikarang Dapat Remisi Hari Kemerdekaan, 24 Bebas

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia menjadi berkah tersendiri bagi warga binaan di …

Seluruh jajaran petugas dan 500 lebih warga binaan di Lapas Cikarang saat ikut andil dalam pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia atau MURI untuk kategori tari kolosal, Kamis (15/08) pagi.

500 Narapidana di Lapas Cikarang Ikut Pecahkan Rekor MURI Lewat Tari Kolosal

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Ratusan warga binaan atau narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cikarang ikut …