Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi,Ani Rukmini.
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi,Ani Rukmini.

Sikapi Persoalan Blangko e-KTP, Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi Berharap Pemkab Bisa Cetak Sendiri

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, sebanyak kurang lebih 76 ribu masyarakat Kabupaten Bekasi belum mendapatkan e-KTP. Persoalan terbatasnya blangko KTP eletronik (e-KTP) terus terjadi dan belum ada jalan keluar hingga saat ini.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Ani Rukmini mengakui banyak warga yang mengeluhkan mengenai persoalan tidak tersedianya blangko e-KTP saat hendak mendaftarkan kependudukan. Oleh karenanya, Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi dalam waktu dekat akan mendatangi Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil di Kementerian Dalam Negeri untuk berkonsultasi.

“Kita selalu dapat keluhan dari masyarakat mengenai keterbatasan blanko e-KTP.  Persoalan ini selalu terjadi dan harus ada jalan keluarnya. Mesti ada terobosan bagaimana memecahkan masalah ini, miris saya,” kata Ani Rukmini, Senin (04/11).

Menurutnya, salah satu usulan yang akan didorong adalah adalah agar kewenangan pengadaan blangko e-KTP bisa dilakukan pemerintah Kabupaten/Kota. Dia menilai apabila daerah diberi kewenangan mencetak mandiri, maka kebutuhan blangko e-KTP khususnya di Kabupaten Bekasi bisa diatasi.