Pemuda Kabupaten Bekasi Sukses Ternak Bebek Hibrida Pedaging, Omzetnya Puluhan Juta

Seorang pemuda di Desa Sukaindah, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi bernama Deden Hardiansyah (29) berhasil meraih kesuksesan dari usaha ternak bebek hibrida pedaging dengan omzet puluhan juta per bulan.
Seorang pemuda di Desa Sukaindah, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi bernama Deden Hardiansyah (29) berhasil meraih kesuksesan dari usaha ternak bebek hibrida pedaging dengan omzet puluhan juta per bulan.

BERITACIKARANG, COM, SUKAKARYA  –  Seorang pemuda di Desa Sukaindah, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi bernama Deden Hardiansyah (29) berhasil meraih kesuksesan dari usaha ternak bebek hibrida pedaging dengan omzet puluhan juta per bulan.

Hal ini membuat Deden terpilih sebagai Pemuda Pelopor yang mewakili Kabupaten Bekasi ke tingkat nasional setelah sebelumnya berhasil meraih prestasi gemilang sebagai Juara 1 Terbaik Pemuda Pelopor Bidang Pangan Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2024.

Bacaan Lainnya

BACA: Pemuda Kabupaten Bekasi Diajak Kuasai Teknologi Informasi dan Literasi Digital

“Tujuannya mengikuti lomba karena ke depannya ingin Kabupaten Bekasi menjadi daerah yang diunggulkan dalam bidang pertanian maupun peternakan sebagai sektor agrobisnis. Terlebih di wilayah kami, utara Kabupaten Bekasi itu masih banyak lahan yang bisa dimanfaatkan. Jadi anak-anak muda jangan hanya bergantung cari kerja di industri saja. Ini bisa menjadi solusi dalam mengurangi pengganguran dan bisa menjaga ketahanan pangan,” kata Deden Hardiansyah.

Deden menambahkan, usaha yang sudah lama digelutinya kini telah memiliki 30 mitra berasal dari Kabupaten Bekasi, Karawang dan Subang. Bahkan, setelah mengikuti berbagai lomba terdapat multiplier effect yang signifikan terhadap reputasi usahanya sehingga semakin banyak stakeholder, investor, maupun program CSR yang ikut bekerjasama di dalamnya.

“Dampak positif lainnya, omset usaha saya saat ini sekitar Rp 50-60 juta per bulan, kemudian peningkatan pendapatan bagi mitra kami sekitar Rp 2-3 juta perbulan, selanjutnya bisa membantu anak muda yang menganggur jadi punya penghasilan tetap serta dampak buat masyarakat juga setelah panen beberapa ekor bebek ini kita bagikan ke 10 sampai 15 rumah warga,” ungkap Deden.

Program ternak bebek  hibrida pedaging ini juga, katanya, dijadikan sebagai program Kerja Karang Taruna Kecamatan Sukakarya untuk regenerasi petani serta pemusatan latihan UMKM guna mendongkrak ekonomi warga serta mengurangi angka pengangguran di wilayah pedesaan.

“Bahwasannya program ini kami jadikan salah satu program kerja di Karang Taruna kecamatan terkait regenerasi petani dan pemusatan UMKM agar di wilayah Sukakarya sendiri yang notabennya itu petani dan peternak bisa bangkit perekonomiannya,” kata dia.

Ke depannya Deden mengaku akan terus mengembangkan usahanya dengan berbagai inovasi baru, seperti membuat produk bebek ungkep kemasan maupun bebek frozen. “Gagasan maupun rencana saya ke depannya yaitu mau jadiin bebek pedaging ini diolah jadi bebek ungkep, bebek frozen, bebek potong, serta pembuatan rumah pemotongan khusus unggas,” jelas Deden.

Melalui prestasi ini, Deden tidak hanya mengharumkan nama baik Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi, melainkan menjadi sosok inspiratif bagi pemuda lainnya untuk tetap berinovasi menggarap berbagai potensi sektor wilayah agraris untuk kemajuan Kabupaten Bekasi.

“Alhamdulillah keberhasilan ini tentu tidak lepas dari dukungan dan doa dari berbagai pihak seperti keluarga, Karang Taruna Sukakarya, Pemdes Sukaindah, Pemkab Bekasi, Pemprov Jabar dan lainnya,” ungkapnya.

Diharapkan melalui torehan prestasi ini dapat memacu motivasi para pemuda di wilayah utara dalam menggarap potensi ketahanan pangan berbasis agrobisnis ataupun green economy di wilayahnya.

“Harapan saya pemuda jangan berpikir tertinggal meskipun kita tinggal di wilayah utara karena potensi di wilayah kita sendiri lebih banyak, jangan hanya mengandalkan industri PT karena potensi di wilayah kita ada agrowisata, pertanian, peternakan yang masih bisa kita kembangkan,” harapnya. (RIZ)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait