Pemkab Bekasi Susun Masterplane Drainase

Kepala Dinas Sumberdaya Air Bina Marga dan Bina Kontruksi Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln
Kepala Dinas Sumberdaya Air Bina Marga dan Bina Kontruksi Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  –  Pemerintah Kabupaten Bekasi terus berupaya menyelesaikan permasalahan banjir dan genangan yang kerap terjadi di sejumlah wilayah saat hujan deras. Salah satunya dengan menggandeng para akademisi untuk menyusun masterplan drainase Kabupaten Bekasi.

Kepala Dinas Sumberdaya Air Bina Marga dan Bina Kontruksi Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln mengatakan, masterplan drainase akan terintegrasi dengan rencana pembangunan daerah, tata ruang dan rencana sektoral lainnya. Hal ini bertujuan agar penanganan banjir di Kabupaten Bekasi lebih komprehensif.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, kepadatan penduduk membawa konsekuensi kebutuhan ruang terbangun. Di sisi lain, kondisi drainase dan dimensi saluran eksisting kurang memadai. Serta belum memperhitungkan perubahan iklim yang memicu curah hujan ekstrim dan kebencanaan.

Karena itu masterplan drainase akan disusun secara komprehensif termasuk memperhitungkan faktor adaptasi perubahan iklim. Serta menginventarisasi seluruh saluran dan jaringan, evaluasi kapasitas dan karakteristik saluran eksisting dan lainnya.

 

Genangan di Jalan Inspeksi Kalimalang
Genangan air di Jalan Inspeksi Kalimalang

“Masterplan drainase diharapkan bisa menghitung pemeliharaan tiap ruas hingga estimasi anggaran yang dibutuhkan setiap tahun agar kedepan Kabupaten Bekasi bisa terbebas dari banjir,” ujar Henri.

Ia menambahkan, untuk penanganan banjir dalam jangka pendek sekarang ini dilakukan pembersihan saluran di berbagai titik. Termasuk pengadaan mesin pompa penyedot air dan pembangunan drainase di sejumlah titik berkolaborasi dengan perangkat daerah lainnya.

“Rencana induk (masterplane) drainase mulai kita susun tahun ini untuk jangka panjang. Jangka pendeknya normalisasi sungai dan dengan pompa, mudah-mudahan lancar dan bisa segera dimanfaatkan,” kata Henri. (***)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait