Optimis Lampaui Ambang Batas Parlemen, Partai Buruh Jadikan Jawa Barat Lumbung Suara

Konsolidasi Akbar Partai Buruh se-Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan di Stadion Mini Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu (23/09) siang.
Konsolidasi Akbar Partai Buruh se-Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan di Stadion Mini Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu (23/09) siang.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Partai Buruh optimis bisa melampaui batas ambang parlemen (parliamentary threshold) sebesar empat persen. Sebagai salah satu wilayah dengan basis buruh terbesar di Indonesia, Jawa Barat menjadi kunci kemenangan partai berwarna oranye ini pada  Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Hal tersebut mengemuka dalam acara Konsolidasi Akbar Partai Buruh se-Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan di Stadion Mini Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu (23/09) siang. Kegiatan ini dihadiri ribuan Pengurus Exco Kabupaten/Kota & Bakal Caleg serta Anggota 11 organisasi/Elemen inisiator pendiri partai Se-Provinsi Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

BACA: DPT Pemilu 2024 di Jabar Capai 35.714.901 Pemilih, Kabupaten Bekasi Terbanyak Ketiga

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan pihaknya menargetkan perolehan suara nasional berkisar 6-7 juta suara. Target tersebut diyakini akan diperoleh dari sejumlah provinisi besar yang merupakan basis buruh. Salah satunya, Jawa Barat.

“Berdasarkan data jumlah pekerja formal di Jawa Barat itu 10 juta lebih. Belum lagi dengan keluarga (1 istri dan 1 anak) bisa mencapai 24 juta. Artinya 24 Juta orang ini sama dengan 2/3 pemilih di Jawa Barat yang mencapai 35 juta orang. Maka Jawa barat adalah kunci kemenangan Partai Buruh,” kata Said Iqbal.

Untuk itu dirinya meminta agar seluruh Exco Kabupaten/Kota serta Bakal Caleg se-Provinsi Jawa Barat  untuk terus bergerak, mengajak konstituen khususnya dari kalangan kelas pekerja yang masih berada di partai lain untuk kembali ke Partai Buruh.

“Mereka selama ini kan banyak tersebar di partai politik yang sudah ada. Nah untuk itu kita minta semua untuk bergerak, kita ajak mereka kembali ke rumah sendiri, yaitu Prtai Buruh,” kata dia.

Selain Jawa Barat, Iqbal menambahkan, target 6-7 juta suara juga diyakini akan didulang partai yang dipimpinnya ini dari provinsi lain dengan basis buruh terbesar seperti Jawa Timur, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Banten hingga sebagian Jawa Tengah.

“Jadi target kita adalah lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar empat persen. Minimal 6 juta 720 ribu suara harus kita kantongi pada Pemilu 2024 nanti,” kata dia.

Targetkan 9 Kursi di Jawa Barat

Ketua Exco Provinsi Jawa Barat, Suparno optimis 7 hingga 9 kursi DPRD Jawa Barat akan direbut para Bakal Caleg dari Partai Buruh di Pemilu Legislatif 2024 mendatang.  Untuk mendulang suara, sejumlah upaya terus dilakukan salah satunya membagikan leaflet perjuangan kepada masyarakat, khususnya kalangan kelas pekerja.

“Kita terus bergerak. Salah satunya membagikan leaflet agar para buruh khususnya yang ada di Jawa barat kembali ke rumah, go back home,” kata dia. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait