Logo Hari Jadi Kabupaten Bekasi Tampilkan Elemen Budaya Ulin Seeng

Pagelaran seni budaya ulin seeng yang dihadirkan di acara peluncuran tema dan logo Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bekasi tahun 2024 di Aeon Mall Cikarang, Jumat (12/07)
Pagelaran seni budaya ulin seeng yang dihadirkan di acara peluncuran tema dan logo Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bekasi tahun 2024 di Aeon Mall Cikarang, Jumat (12/07)

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemkab Bekasi telah resmi meluncurkan logo Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bekasi tahun 2024. Logo tersebut menampilkan elemen budaya ulin seeng atau perebut penanak nasi (dandang) yang biasa digunakan  dalam proses pernikahan adat masyarakat wilayah setempat, khususnya di bagian selatan yang berkultur sunda.

BACA: Keren! Forkopimda Kompak Menari Ujungan di Hari Jadi Kabupaten Bekasi

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua II Dewan Kebudayaan Kab Bekasi, Ahmad Djaelani menjelaskan dalam beberapa penuturan sastra lisan di masyarakat, tradisi ulin seeng disebut sebagai salah satu tradisi yang sudah berkembang sejak jaman Kerajaan Sunda. Tradisi ulin seeng di Bekasi mencapai puncak kejayaannya pada tahun 1970-an.

“Logo ini membawa pesan kepada masyarakat tentang kearifan lokal yang saat ini sudah jarang ditemukan di masyarakat, khususnya di bagian selatan Kabupaten Bekasi,” kata Ahmad Djaelani.

Dirinya pun mengapresiasi upaya Pemkab Bekasi yang berencana untuk memperkenalkan serta mempopulerkan kembali tradisi ini kepada masyarakat, khususnya generasi muda pada momen peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-74.

“Seperti halnya ujungan, rencananya ulin seeng juga akan dihadirkan dalam bentuk tarian kolosal di Hari Jadi ke 74 nanti. Harapannya tradisi ini bisa tetap dijaga dan dilestarikan khususnya oleh generasi muda,” kata Ahmad Djaelani. (DIM)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait