Komitmen Dukung UMKM Kabupaten Bekasi Tangguh dan Naik Kelas

Pemerintah Kabupaten Bekasi terus berkomitmen mendukung usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayahnya agar semakin tangguh dan naik kelas.
Pemerintah Kabupaten Bekasi terus berkomitmen mendukung usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayahnya agar semakin tangguh dan naik kelas.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR  – Pemerintah Kabupaten Bekasi terus berkomitmen mendukung usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayahnya agar semakin tangguh dan naik kelas. Komitmen tersebut dapat dilihat melalui berbagai pelatihan, pembiayaan, hingga regulasi pemerintah yang berpihak ke UMKM.

BACA: Dongkrak Ekonomi Lokal, Sekda Dorong ASN Pemkab Bekasi Beli Produk UMKM di e-Commerce Bebeli

Bacaan Lainnya

Terbaru, Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar kegiatan Makin Berani Start Up Competition 2023. Pada kegiatan yang diikuti kurang lebih 200 pelaku UMKM ini, Pemkab Bekasi memberikan apresiasi terhadap pelaku UMKM terbaik  dari 8  kategori yakni makanan, minuman, fashion, craft, ramah lingkungan, agrobisnis, jasa dan teknologi, serta kesehatan dan kecantikan.

“Makin Berani Start Up Competition ini sudah tahun kedua (diselenggarakan) dan pesertanya semakin banyak, semakin meriah, animo semakin tinggi,” kata Dani Ramdan saat menghadiri Makin Berani Start Up Competition 2023 di Graha Pariwisata, Cikarang Timur, Selasa (14/11).

Melalui kegiatan tersebut, ia berharap akan muncul UMKM tangguh yang bisa mewakili Kabupaten Bekasi dalam mengembangkan dan membangun perekonomian secara lebih baik. Menurutnya, untuk menggeluti sektor UMKM diperlukan mentalitas kuat karena tidak semuanya berhasil dalam sekali usaha.

“Mudah-mudahan dengan cara seperti itu mereka punya mental lebih kuat lagi dan kita akan terus memberikan fasilitas untuk mereka mengembangkan produknya,” tambahnya.

Peningkatan UMKM Berpotensi Serap Tenaga Kerja Lokal

Dani meyakini peningkatan sektor UMKM akan berdampak terhadap penyerapan tenaga kerja lokal dan sejalan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam mengatasi pengangguran. Oleh sebab itu, pihaknya akan terus mendukung pengembangan sektor UMKM, salah satunya dengan menyediakan toko dari BEBELI yang dapat dimanfaatkan para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya.

“Berbagai upaya dilakukan untuk mendorong UMKM, terutama yang dilihat yaitu pasar. Terobosan besar yang kita lakukan untuk ciptakan pasar, yaitu kita buat toko dari BEBELI yang berisi 1.500 UMKM lokal Kabupaten Bekasi,” jelasnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Bekasi, Ida Farida, menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini para pelaku UMKM dapat memiliki semangat yang sama serta dapat mengambil inspirasi dari komunitas lainnya yang berguna dalam menciptakan dan meningkatkan kualitas produknya masing-masing.

Selain itu, para pelaku UMKM juga dapat meningkatkan kemampuan dan inovasinya dalam berbisnis, serta dapat menjadi katalisator bagi pelaku UMKM lainnya di Kabupaten Bekasi.

“Hasil yang diharapkan, yakni pelaku UMKM bisa meningkatkan kemampuan serta inovasi dalam berbisnis dan menjadi katalisator bagi pelaku UMKM se-Kabupaten Bekasi,” harapnya.

Sebagai informasi, selain memberikan penghargaan kepada pelaku UMKM , pada ajang tersebut Pemerintah Kabupaten Bekasi juga memberikan penghargaan kepada 8 koperasi yang sudah mengembangkan pola-pola kemitraan, yakni koperasi dengan koperasi, koperasi dengan UMKM, serta koperasi dengan pihak ketiga. (riz)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait