Kali Bancong Dipenuhi Tumpukan Sampah

Sejumlah prajurit TNI dikerahkan untuk bergotong royong membersihkan tumpukan sampah di Kali Bancong, Kecamatan Sukatani.
Sejumlah prajurit TNI dikerahkan untuk bergotong royong membersihkan tumpukan sampah di Kali Bancong, Kecamatan Sukatani.

BERITACIKARANG.COM, SUKATANI  – Pintu air Kali Bancong, Kecamatan Sukatani dipenuhi tumpukan sampah. Tumpukan sampah berasal dari ulang tangan manusia yang membuang sampah sembarang ke aliran sungai.

Kondisi tersebut akhirnya mendapatkan perhatian dari Kodim 0509/Kabupaten Bekasi. Puluhan prajurit TNI dikerahkan untuk bergotong royong membersihkan tumpukan sampah tersebut sehingga kali terlihat lebih bersih dari sebelumnya.

Komandan Kodim (Dandim) 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol Inf M. Horison Ramadhan menjelaskan, tumpukan sampah itu harus diangkat sebagai upaya mengantisipasi bencana banjir akibat aliran airnya tidak lancer.

“Sampah-sampah yang tersangkut di sekitaran pintu air Kali Bancong harus diangkat agar aliran air di kali tidak tersumbat,” ucap Letkol Inf M. Horison.

Horison menerangkan, sebanyak 56 orang yang terdiri personel TNI dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup, para penggiat lingkungan serta masyarakat terlibat dalam giat karya bakti tersebut. Mereka bahu-membahu memasukan tumpukan sampah tersebut ke dalam puluhan kantong sampah besar.

“Antusias dari masyarakat juga cukup tinggi, serta dibantu oleh pihak-pihak lainnya. Mereka sadar bahwa ini memang perlu dilakukan agar laju aliran air kali kembali lancar dan kali terlihat bersih serta mengantisipasi bencana banjir akibat aliran airnya tidak lancar,” katanya.

Selain membersihkan tumpukan sampah, Horison menambahkan pihaknya juga akan terus melakukan imbauan dan edukasi kepada masyarakat sekitar agar lebih peduli terhadap lingkungan serta tidak melakukan tindakan membuang sampah ke aliran sungai atau kali. Sebab, bencana banjir bisa saja terjadi.

“Sudah saatnya masyarakat juga mengambil andil dalam mengatasi bencana banjir dengan melakukan pengendalian terhadap sampah-sampah yang menumpuk dan akhirnya menyumbat aliran air Kali Bancong ini,” kata dia. (dim)

Pos terkait