Kabupaten Bekasi Kucurkan Beasiswa ke Ratusan Mahasiswa, Totalnya Rp1,8 Miliar

Pj Bupati Dani Ramdan menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan 100 orang mahasiswa yang berhasil meraih beasiswa Bantuan Pendidikan Pintar, di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Kompleks Pemerintah Kabupaten Bekasi Cikarang Pusat, Rabu (31/07).
Pj Bupati Dani Ramdan menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan 100 orang mahasiswa yang berhasil meraih beasiswa Bantuan Pendidikan Pintar, di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Kompleks Pemerintah Kabupaten Bekasi Cikarang Pusat, Rabu (31/07).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengucurkan dana Rp1,8 miliar untuk beasiswa kuliah ‘Bantuan Pendidikan Pintar’ bagi ratusan anak muda yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Beasiswa yang dibagikan merupakan komitmen Pemkab Bekasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di wilayahnya. Selain kategori berprestasi di bidang akademik dan non akademik, bantuan juga menyasar anak muda Kabupaten Bekasi yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Bacaan Lainnya

BACA: Dani Ramdan Dorong Bocah Bekasi Lanjut ke Perguruan Tinggi

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, saat mengunjungi beberapa wilayah di Kabupaten Bekasi, banyak ditemui anak muda berprestasi yang punya keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi tetapi terkendala biaya. Oleh karena itu beasiswa ‘Bantuan Pendidikan Pintar’ ini diharapkan jadi solusi permasalahan tersebut.

“Ini mencetak sejarah ya, pertama kali Pemerintah Kabupaten Bekasi memberikan beasiswa kepada mereka. Kalau mereka sukses, tentu ini akan memotivasi anak-anak muda di Kabupaten Bekasi yang lain untuk berkuliah meskipun memiliki kendala dari segi ekonomi,” kata Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, Rabu (31/07).

Dirinya berharap kedepannya program ini dapat terus bergulir sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam mendorong anak-anak Kabupaten Bekasi melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi hingga lulus menjadi sarjana.

“Untuk saat ini batas kemampuan yang kita miliki baru untuk 100 orang anak. Mudah-mudahan ke depan kalau berlanjut bisa ditingkatkan, meskipun kita sadari juga untuk sukses tak harus melalui bangku kuliah, ada jalur lain seperti berwirausaha,” ungkapnya.

Kepala Dinas Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha menjelaskan beasiswa diberikan kepada 100 orang anak muda di wilayahnya yang telah lolos serangkaian seleksi, baik lulusan SMA/SMK sederajat yang baru melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi maupun yang sedang menempuh bangku kuliah.

“Beasiswa ini tidak hanya untuk anak muda berpretasi yang baru mau kuliah (calon mahasiswa), tetapi juga dialokasikan bagi para mahasiswa yang sudah duduk di semester 4 atau semester 6. Dari yang awalnya 2.068 pendaftar selanjutnya kita lakukan seleksi hingga akhirnya terpilih 100 orang penerima bantuan,” kata dia.

Iman mengatakan nantinya mereka akan mendapatkan bantuan biaya perkualiahan sebesar Rp5 juta per semester yang akan disalurkan secara langsung ke kampusnya masing-masing. Selain itu, disediakan juga uang akomodasi Rp600 ribu per bulan yang akan ditransfer ke rekening pribadi setiap mahasiswa.

“Saya berharap mereka bisa terus mempertahankan prestasi yang sudah ada. Dan mudah-mudahan program ini juga mampu menjadikan mereka sebagai generasi muda Kabupaten Bekasi yang unggul, berkualitas dan berkompeten di berbagai bidang,” ujarnya.

Salah seorang penerima beasiswa kuliah, Aura Ratu Aulia mengaku mengaku bersyukur lolos sebagai penerima ‘Bantuan Pendidikan Pintar’. Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia itu pun berharap program ini dapat terus dilanjutkan.

“Program ini sangat bagus sekali, karena menurut saya daerah yang baik adalah daerah yang mensuport pendidikan warganya. Ini peluang bagus (yang harus dimanfaatkan) pemuda pemudi Kabupaten Bekasi untuk melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi,” kata dia. (DIM)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait